Keluarga Autopsi Jenazah, George Floyd Tewas Sesak Nafas Akibat Ditekan

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 02 Jun 2020 04:37 WIB
Rekaman CCTV Sebelum Kematian Tragis George Floyd
Foto: George Floyd (20Detik)

Polisi yang memegang lututnya di leher Floyd, Derek Chauvin, ditangkap pada Jumat (29/5/), dan didakwa dengan tingkat ketiga, atau pembunuhan yang tidak disengaja, berdasarkan pada autopsi resmi awal yang mengatakan Floyd meninggal bukan karena asfiksia tetapi "kondisi kesehatan yang mendasarinya termasuk penyakit arteri koroner dan penyakit jantung hipertensi".

Keluarga Floyd mempermasalahkan kesimpulan itu dan menuntut Chauvin didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama, dan bahwa tiga petugas lainnya di tempat kejadian ditangkap dan dituduh terlibat dalam pembunuhan.

Wilson dan ahli autopsi lainnya, Dr Michael Baden, mengatakan mereka tidak setuju dengan laporan resmi, hanya ringkasan yang telah dirilis sebagai bagian dari dokumen pengadilan untuk penangkapan Chauvin.

"Autopsi menunjukkan bahwa Floyd tidak memiliki masalah medis mendasar yang menyebabkan atau berkontribusi pada kematiannya," ujar Baden.

"Dia dalam kondisi sehat," kata Baden.

"Saya berharap saya memiliki arteri koroner yang sama dengan yang dimiliki oleh Floyd yang kami lihat di autopsi," tambahnya.


(rfs/rfs)