ADVERTISEMENT

Eks Polisi AS yang Tewaskan George Floyd Segera Disidang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 01 Jun 2020 14:18 WIB
George Floyd dan kemarahan massal saya tak bisa bernapas di AS: Eks perwira polisi kulit putih didakwa melakukan pembunuhan
Derek Chauvin (BBC World)

Laporan CNN secara lebih jelas menyebut bahwa Chauvin dijerat satu dakwaan pembunuhan (murder) tingkat ketiga dan satu dakwaan pembunuhan tidak disengaja (manslaughter) tingkat kedua. Keduanya merupakan tindak pidana berat dimana niat menjadi elemen kunci.

Di bawah aturan hukum negara bagian Minnesota -- lokasi kota Minneapolis, dakwaan pembunuhan (murder) tingkat ketiga didefinisikan sebagai tindakan menyebabkan kematian seseorang 'dengan melakukan tindakan sangat berbahaya terhadap orang lain dan menunjukkan pikiran jahat'.

Sedangkan dakwaan pembunuhan tidak disengaja (manslaughter) tingkat kedua didefinisikan sebagai tindakan saat saat seseorang 'mengambil risiko yang tidak masuk akal, dan secara sadar mengambil kesempatan untuk menyebabkan kematian atau luka-luka parah terhadap orang lain'.

Selain Chauvin, ada tiga polisi lainnya yang juga dipecat karena terlibat insiden yang menewaskan Floyd. Namun ketiga polisi itu tidak ditangkap seperti Chauvin. Pihak keluarga Floyd dalam komunikasi pertama dengan Kepolisian Minneapolis, seperti dilansir CNN, meminta agar ketiga polisi lainnya ikut ditangkap dan diadili.


(nvc/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT