Paus Fransiskus Berdoa untuk Orang-orang Amazon yang 'Rentan' Corona

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 31 Mei 2020 19:47 WIB
Pope Francis waves to the faithfuls as he delivers the Sunday Angelus prayer from his studio window overlooking Saint Peters Square, at the Vatican on March 01, 2020. (Photo by Filippo MONTEFORTE / AFP)
Foto: Paus Fransiskus (AFP/FILIPPO MONTEFORTE)
Vatikan -

Paus Fransiskus menyuarakan keprihatinannya terhadap orang-orang Amazon yang disebutnya 'sangat rentan' terhadap pandemi virus Corona. Ini disampaikan Paus dalam pidato pertamanya dalam kurun waktu hampir 3 bulan, kepada umat di lapangan Santo Petrus.

"Hari ini, di hari raya Pentakosta, kita menyerukan Roh Kudus untuk memberikan cahaya dan kekuatan kepada gereja dan masyarakat di Amazonia, yang telah diuji dengan keras oleh pandemi itu," kata Paus Fransiskus seperti dilansir AFP, Minggu (31/5/2020).

"Sangat banyak orang terinfeksi dan tewas, termasuk masyarakat adat yang sangat rentan," kata Paus.

Krisis virus Corona adalah ancaman baru di Amazon di mana gelombang deforestasi di bawah presiden sayap kanan, Jair Bolsonaro sudah mengancam suku-suku yang terisolasi.

Merujuk kepada Asosiasi Masyarakat Adat Brasil, virus ini telah menyebar melalui 40 kelompok asli dengan 537 kasus infeksi dan 102 kematian. Sensus terakhir dari 2010 menemukan hampir 800.000 penduduk asli di 300 suku yang tinggal di Brasil.

Paus berbicara kepada umat Katolik dari jendelanya yang menghadap ke alun-alun untuk pertama kalinya sejak 10 Maret.

(gbr/zak)