Jerman Kecam Keputusan Trump Putuskan Hubungan dengan WHO

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 30 Mei 2020 17:50 WIB
Presiden Trump Larang Kunjungan dari Brasil Selain Warga AS
Presiden AS Donald Trump (Foto: DW (News))
Berlin -

Pemerintah Jerman mengecam keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk memutus hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Jerman menyebut keputusan Trump itu mengecewakan dan merupakan kemunduran bagi kesehatan global.

Dalam cuitannya di Twitter, Menteri Kesehatan Jerman Jens Spahn mengatakan bahwa WHO "perlu mereformasi" jika ingin membuat perbedaan.

"Dan Uni Eropa harus mengambil peran utama dan terlibat secara lebih finansial," katanya seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (30/5/2020), seraya menambahkan bahwa ini akan menjadi salah satu prioritas Jerman ketika mengambil alih kepresidenan bergilir Uni Eropa pada 1 Juli mendatang.

Sebelumnya, Trump mengatakan pada hari Jumat (29/5) waktu setempat bahwa ia memutuskan hubungan AS dengan WHO, yang dituduhnya gagal melakukan banyak hal untuk memerangi penyebaran awal virus Corona.

Spahn menggambarkan langkah terbaru Trump sebagai "reaksi mengecewakan bagi kesehatan internasional."

Trump awalnya membekukan pendanaan untuk WHO sebulan lalu, setelah menuduh badan kesehatan dunia itu melakukan salah urus atas pandemi Corona.

Kemudian 10 hari lalu, dia menuduh WHO menjadi boneka China, dan menyatakan pembekuan dana ke WHO akan bersifat permanen jika badan tersebut tidak melakukan perbaikan besar.

Selanjutnya
Halaman
1 2