Round-Up

Progres Vaksin-vaksin Corona di Seluruh Dunia

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Mei 2020 06:03 WIB
Vaksin virus corona: Enam sudah diuji coba pada manusia, namun tantangannya ada pada produksi massal
Foto: Ilustrasi vaksin Corona (BBC World)
Jakarta -

Dunia bisa seutuhnya kembali normal jika vaksin virus Corona (COVID-19) ditemukan. Sejauh ini, sudah ada 8 kandidat vaksin yang pengembangannya dipercepat. Berikut ini progres pengembangan vaksin Corona di seluruh dunia.

Sebagaimana diketahui, nasib dunia di tengah wabah Corona masih belum pasti. Negara-negara yang tadinya telah melewati serangan wabah Corona, kini harus siap menghadapi gelombang kedua.

Terkait ancaman gelombang kedua ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan wabah virus Corona bisa terus kembali dan muncul di semua negara. Dibutuhkan vaksin yang sudah teruji untuk benar-benar bisa menghentikan penyebaran virus.

"Keterhubungan kita secara global dapat diartikan bahwa risiko pengenalan ulang dan kemunculan kembali COVID-19 akan terus berlanjut. Pada akhirnya pengembangan dan pengiriman vaksin yang aman serta efektif diperlukan untuk sepenuhnya menghentikan transmisi," kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa (14/4/2020).

Oleh karena itu, pengembangan vaksin Corona terus dilakukan. Merujuk pada 'DRAFT landscape of COVID-19 candidate vaccines' yang dirilis WHO per 15 Mei 2020, sudah ada 8 vaksin yang sudah memasuki tahap evaluasi uji klinis.

Delapan kandidat vaksin ini diproduksi oleh Amerika Serikat, Jerman, China dan Inggris. Sementara itu, ada 110 vaksin yang baru memasuki tahan pra uji klinis. Berikut ini perkembangan uji vaksin Corona di seluruh dunia:

Simak video 'Kabar Baik, Uji Klinis Vaksin Corona Moderna Fase I Berhasil':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4