Strategi Turki Lawan Pandemi: Kerahkan 'Detektif' Pelacak Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 16:38 WIB
Para detektif pelacak COVID-19 (AP Photo)
Foto: Para detektif pelacak COVID-19 (AP Photo)
Istanbul -

Turki mengerahkan para detektif kesehatan masyarakat untuk melacak penyebaran virus Corona (COVID-19). Strategi ini terbilang cukup berhasil dalam mengendalikan wabah.

Seperti dilansir The Associated Press (AP), Rabu (20/5/2020) para detektif ini bekerja melacak virus Corona di negara berpenduduk 83 juta orang, lewat pintu ke pintu. Mereka hampir bekerja nonstop untuk melacak pasien COVID-19.

Para pejabat pemerintah Turki dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) setempat mengatakan taktik itu telah membuahkan hasil.

Menteri Kesehatan Fahrettin Koca mengatakan cara ini membuat pandemi "terkendali". Kementerian kesehatan telah mencatat 151.615 kasus Corona-yang menempatkan Turki dalam 10 besar global untuk kasus Corona tertinggi berdasarkan penghitungan oleh Universitas Johns Hopkins. Sedangkan yang meninggal mencapai 4.199 kematian.

"Kami membawa penyebaran penyakit di bawah kendali dengan memantau sumbernya," kata Koca.

Tugas pelacak adalah untuk mencari tahu dengan siapa orang yang terinfeksi telah melakukan kontak dekat dan tanpa perlindungan selama lebih dari 15 menit. Setelah diidentifikasi, orang-orang ini diinstruksikan untuk melakukan karantina mandiri dan dilacak dengan aplikasi ponsel. Jika nantinya mereka mengalami gejala Corona, mereka harus ikut tes.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2