Sukses Diuji Coba ke Tikus, Vaksin Corona Buatan Thailand Siap Dipakai 2021

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 20 Mei 2020 15:36 WIB
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination.
Foto: iStock
Bangkok -

Otoritas Thailand memperkirakan vaksin untuk virus Corona (COVID-19) yang dikembangkan sendiri oleh negara ini, akan siap pada tahun depan. Hal ini disampaikan setelah uji coba vaksin pada tikus di laboratorium setempat menunjukkan hasil yang baik.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/5/2020), juru bicara Pusat Administrasi Situasi COVID-19, Taweesin Wisanuyothin, menyatakan bahwa Thailand akan memulai uji coba vaksin RNA duta (messenger RNA) pada kera, pekan depan, setelah sukses dalam uji coba pada tikus.

"Vaksin Thailand diperkirakan akan digunakan tahun depan," ujar Taweesin dalam pernyataannya.

Lebih dari 100 vaksin potensial untuk COVID-19 -- penyakit yang disebabkan oleh virus Corona -- tengah dikembangkan, termasuk beberapa yang telah memasuki uji coba klinis. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada April lalu, memperingatkan bahwa pengembangan vaksin bisa memakan waktu sedikitnya 12 bulan.

Vaksin untuk virus Corona di Thailand tengah dikembangkan oleh Institut Vaksin Nasional, Departemen Sains Medis dan Pusat Penelitian Vaksin pada Universittas Chulalongkorn.

Messenger RNA memicu sel tubuh untuk memproduksi antigen -- molekul di permukaan virus -- yang memacu sistem kekebalan tubuh untuk bereaksi.

Jokowi Luncurkan Produk Inovasi Penanganan Virus Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2