Trump Tanggapi Kritikan Obama Soal Penanganan Pandemi Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 18 Mei 2020 11:18 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi kasus corona di AS akan berakhir pada bulan Juli. Kok bisa?
Donald Trump (AP Photo)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengomentari kritikan yang dilontarkan pendahulunya, mantan Presiden AS Barack Obama, soal upaya penanganan pandemi virus Corona (COVID-19). Trump menyebut Obama 'sangat tidak kompeten'.

Obama melontarkan kritikan terhadap upaya penanganan virus Corona yang dilakukan pemerintahan AS saat ini saat menyampaikan pidato online pada acara kelulusan Sekolah Menengah AS tahun 2020. Kepada para siswa yang lulus, Obama menyebut bahwa pandemi Corona menunjukkan banyak pejabat AS 'bahkan tidak berpura-pura bertanggung jawab'.

Dia tidak menyebut langsung nama Trump atau jajaran pejabat dalam pemerintah Trump, namun awal bulan ini, diketahui Obama mengkritik keras upaya penanganan pandemi Corona oleh pemerintahan Trump sebagai 'bencana kekacauan mutlak'.

Seperti dilansir Associated Press, Senin (18/5/2020), Trump menanggapi kritikan Obama saat dia baru kembali ke Gedung Putih usai menjalankan tugasnya dari Camp David, Maryland, pada akhir pekan.

Saat ditanya soal komentar Obama yang menyinggung upaya penanganan pandemi Corona, Trump menjawab: "Saya tidak mendengarnya'.

Namun dia melanjutkan dengan komentar keras soal Obama. "Begini, dia (Obama-red) adalah presiden yang tidak kompeten, hanya itu yang bisa saya katakan. Sangat tidak kompeten," tegas Trump.

Diketahui bahwa AS menempati posisi pertama untuk total kasus virus Corona terbanyak di dunia. Sejauh ini, lebih dari 1,4 juta kasus virus Corona terkonfirmasi di AS, dengan 88.709 kematian.

Obama Kritik Pemerintah AS Atas Penanganan Covid-19:

(nvc/ita)