Wuhan Mulai Tes Corona Besar-besaran Terhadap Seluruh Warganya

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 16:44 WIB
In this photo taken Sunday, April 5, 2020, residents walk near a sealed off neighborhood in Wuhan, central Chinas Hubei province. Authorities in Wuhan, the Chinese city where the coronavirus pandemic first broke out, have reportedly launched a plan to test everyone in the city of 11 million people in the next 10 days. (AP Photo/Ng Han Guan)
Ilustrasi -- Warga kota Wuhan beraktivitas di luar setelah lockdown dicabut (AP Photo/Ng Han Guan)
Beijing -

Otoritas kota Wuhan di China mulai melakukan tes virus Corona (COVID-19) massal terhadap seluruh warganya. Sekitar 1.000 warga di salah satu distrik menjadi yang pertama diperiksa.

Seperti dilansir Associated Press dan CNN, Kamis (14/5/2020), laporan situs televisi lokal Hubei TV menyebut sekitar 1.000 warga distrik Qiaokou menjalani tes Corona secara berkelompok. Pemeriksaan di distrik ini dilaporkan telah dimulai sejak Rabu (13/5) waktu setempat.

Beberapa wilayah lainnya dilaporkan baru mendata warganya sebelum memulai pemeriksaan pada Kamis (14/5) waktu setempat.

Diketahui bahwa otoritas kota Wuhan menetapkan waktu 10 hari untuk memeriksa seluruh warganya yang berjumlah 11 juta orang. Otoritas distrik setempat mengonfirmasi bahwa perintah tes Corona massal diterima dari Satuan Tugas virus Corona kota Wuhan. Namun tidak diketahui secara jelas apakah benar 11 juta warga seluruhnya akan diperiksa dan bagaimana caranya untuk melakukan ini dalam 10 hari.

Perintah tes Corona massal ini dirilis setelah kembali muncul 6 kasus virus Corona di Wuhan, setelah sebulan lebih tidak ada laporan kasus baru.

Perintah yang terkesan tiba-tiba ini diketahui membingungkan pejabat lokal. Seorang pria yang menjawab panggilan hotline Wali Kota Wuhan menyatakan bahwa setiap distrik memiliki waktu 10 hari untuk mengatur tes Corona massal di wilayah masing-masing. Namun seorang wanita yang menjawab saluran telepon yang sama pada Rabu (13/5) waktu setempat, menjawab tes massal harus dilakukan dalam 10 hari berikutnya.

Situs berita terkemuka di Wuhan, Jiemian, mengutip rencana yang dirilis distrik Wuchang yang menyatakan seluruh warga sudah harus dites Corona sebelum 20 Mei. "Periode tes akan berlangsung mulai dari Rabu (13/5) hingga 20 Mei," demikian disampaikan dalam dokumen distrik Wuchang.

Otoritas distrik Wuchang juga dilaporkan menyediakan tempat pemeriksaan baik indoor maupun outdoor, dengan prosedur pemeriksaan dilakukan secara terarah dan pemberlakuan slot waktu berbeda-beda untuk menghindari kerumunan dalam sekali waktu.

Selanjutnya
Halaman
1 2