ADVERTISEMENT

Hubungan Trump dan Penasihatnya Kian Retak Gegara Pembatasan Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 10:56 WIB
Presiden AS Donald Trump dan penasihat medis penanganan Corona AS Anthony Fauci (AFP)
Foto: Presiden AS Donald Trump dan penasihat medis penanganan Corona AS Anthony Fauci (AFP)
New York -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump memperdalam keretakan hubungannya dengan penasihat medis terkemuka AS, Anthony Fauci. Soalnya, Trump berbeda pendapat dengan Fauci soal pelonggaran pembatasan sosial.

Seperti dilansir AFP, Kamis (14/5/2020) masalah apakah siswa harus kembali ke sekolah dan universitas pada bulan September muncul sebagai titik panas dalam perselisihan antara Gedung Putih dan para ahli medis, soal seberapa cepat untuk membuka kembali negara itu.

Trump mengatakan ia menganggap seruan terbaru Fauci soal pembukaan kembali yang harus sangat hati-hati sebagai hal yang "tidak dapat diterima."

"Kita membuka negara kita, orang-orang menginginkannya terbuka, sekolah-sekolah akan dibuka," kata Trump di Gedung Putih, Rabu (13/5).

Fauci, seorang ahli yang dihormati secara internasional dalam bidang penyakit menular dan penasihat utama Trump selama pandemi, memberikan keterangan untuk Kongres AS pada Selasa (12/5) bahwa mengakhiri penutupan terlalu cepat dapat membawa konsekuensi "sangat serius".

"Ada risiko nyata bahwa Anda akan memicu wabah yang mungkin tidak dapat Anda kendalikan," katanya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT