Rusia Laporkan Penambahan Kasus Baru Corona Lebih dari 10 Ribu Per Hari

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 14 Mei 2020 02:16 WIB
Rusia menjadi negara kedua dengan total kasus virus Corona terbanyak di dunia. Ini terjadi setelah Rusia melaporkan lonjakan 10.899 kasus dalam 24 jam terakhir.
Ilustrasi (Foto: AP/Sophia Sandurskaya)
Moskow -

Rusia melaporkan lebih dari 10.000 kasus baru terinfeksi virus Corona per hari. Penambahan kasus yang signifikan tersebut membuat Rusia berada pada peringkat kedua terinfeksi virus Corona setelah Amerika Serikat.

Dilansir AFP, Rabu (13/5/2020) Pejabat Kesehatan melaporkan 10.028 kasus baru dalam 24 terakhir. Sehingga total kasus positif Corona di Rusia menjadi 242.271.

Menteri Kesehatan Mikhil Murashko mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 100.000 pasien yang sedang dirawat di rumah sakit dengan konfirmasi positif Corona. Sementara pada Jumat lalu jumlah pasien yang dirawat hanya 80.000.

Hampir 1.500 pasien yang saat ini menggunakan ventilator. Sementara 6 pasien dinyatakan tewas dalam kebakaran di rumah sakit di Moskow dan Saint Petersburg selama satu minggu terakhir.

Api diduga berasal dari ventilator yang diproduksi di dalam negeri dan regulator kesehatan negara itu menangguhkan penggunaan ventilator itu.

Murashko mengaku ada 'gangguan' dalam pasokan alat pelindung diri untuk petugas medis. Sementara itu dia menyebut para petugas medis telah memiliki alat pelindung diri yang cukup bagi mereka yang bekerja di zona merah.

Kremlin minggu ini mulai melonggarkan lockdown nasional untuk memperlambat penyebaran virus Corona, meskipun jumlah kasus terus meningkat hingga Rusia berada di posisi kedua setelah Amerika Serikat.

Mayoritas kasus baru di Rusia dilaporkan di Ibu Kota, di mana Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin telah memperpanjang lockdown hingga akhir Mei.

(lir/lir)