Round-Up

Cerita Sukses Islandia Melawan Corona

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 05 Mei 2020 03:00 WIB
Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)
Foto: Reykjavik, Islandia di tengah Corona yang sudah mulai terkendali (AP News)

Kunci Islandia menang melawan Corona yakni kewaspadaan yang dilakukan mulai dini. Turis yang pulang dari perjalanan luar negeri diminta untuk melakukan tes.

Pihak berwenang juga meminta orang yang baru masuk ke Islandia untuk melapor ke rumah sakit, sekalipun tidak menunjukkan gejala apapun.

Strategi lainnya yakni mengawasi secara teliti dengan siapa saja pasien melakukan kontak. Kemudian mereka akan dikarantina apapun kondisi kesehatan mereka.

Langkah lain adalah upaya pemerintah melindungi kelompok rentan dari paparan virus. Menurut statistik pemerintah, di Islandia hanya ada 20 tempat tidur untuk perawatan intensif dengan respirator. Maka penting bagi mereka untuk menghindari peningkatan pasien COVID-19 yang butuh perawatan intensif.

Sebagai informasi, Islandia baru mengumumkan konfirmasi kasus virus pertamanya pada 28 Februari. Mereka mendeklarasikan Ischgl sebagai zona berisiko tinggi pada 5 Maret, dua hari sebelum pihak berwenang di sana mengkonfirmasi kasus pertama.

Gudnason mengatakan Islandia telah memperbarui dan menguji responsnya terhadap pandemi global sejak 2004. Rumah sakit telah menguji orang-orang yang datang dari luar negeri selama sebulan sebelum kasus pertama yang dikonfirmasi. Aturan jarak sosial dan imbauan cuci tangan juga digalakkan.

"Setiap lembaga yang terlibat dalam respons tahu perannya sejak awal," katanya.

Halaman

(idn/idn)