Presiden Mesir Perpanjang Keadaan Darurat karena Pandemi Corona

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 28 Apr 2020 17:03 WIB
Egyptian President Abdel Fattah al-Sisi speaks during a news conference at the Presidential Palace in Nicosia, Cyprus November 20, 2017. REUTERS/Yiannis Kourtoglou
Foto: Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi (Yiannis Kourtoglou/Reuters)
Kairo -

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi memperpanjang status keadaan darurat di Mesir karena pandemi virus Corona. Status keadaan darurat di Mesir sudah berlaku sejak tiga tahun lalu.

Seperti yang dilansir AFP, Selasa (28/4/2020) Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi memerintahkan pembaruan selama tiga bulan dari keadaan darurat yang sudah berjalan lama. Hal ini untuk merespons masalah kesehatan serta masalah keamanan di Mesir.

"Mengingat situasi kesehatan dan keamanan yang serius... keadaan darurat telah dinyatakan di seluruh negara selama tiga bulan mulai Selasa, 28 April," bunyi keputusan presiden yang diterbitkan dalam berita resmi.

Mesir telah berada dalam keadaan darurat sejak April 2017. Yakni ketika pemboman dua gereja, yang diklaim sebagai ulah afiliasi kelompok ISIS atau Negara Islam, yang menewaskan puluhan orang.

Perpanjangan keadaan darurat ini muncul ketika pemerintah berjuang untuk menahan penyebaran pandemi Corona di Mesir.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Mesir sejauh ini mencatat 4.782 kasus COVID-19 dari populasi 100 juta penduduk. Dari total jumlah itu, 337 orang telah meninggal dan 1.236 orang sembuh.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2