Serangan Udara Israel Tewaskan 3 Warga Sipil di Suriah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 27 Apr 2020 16:22 WIB
F-35 Jet Tempur
ilustrasi (Foto: Getty Images)
Damaskus -

Serangan udara Israel di dekat Damaskus, ibu kota Suriah dilaporkan menewaskan tiga warga sipil.

"Tiga warga sipil menjadi martir dan empat orang lainnya luka-luka, termasuk seorang anak, karena pecahan peluru dari rudal-rudal Israel jatuh ke rumah-rumah di pinggiran Damaskus," demikian dilaporkan kantor berita resmi Suriah, SANA seperti dilansir AFP, Senin (27/4/2020).

SANA melaporkan bahwa pertahanan udara Suriah berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal Israel yang diluncurkan dari wilayah udara Lebanon pada Senin (27/4) dini hari waktu setempat.

Video-video yang dipublikasi di situs kantor berita Suriah itu menunjukkan rudal-rudal Israel meledak di udara.

Juru bicara Israel menolak berkomentar mengenai serangan udara tersebut.

Menurut kelompok pemantau HAM Suriah, Syrian Observatory for Human Rights, serangan tersebut menargetkan posisi-posisi pasukan Iran dan para petempur kelompok gerilyawan Lebanon, Hizbullah di sebelah selatan Damaskus. Disebutkan Observatory, empat petempur tewas dalam serangan Israel tersebut.

Sejak dimulainya konflik Suriah pada tahun 2011, Israel telah melancarkan ratusan serangan di negeri itu. Serangan-serangan tersebut menargetkan pasukan pemerintah Suriah serta sekutunya, pasukan Iran dan petempur Hizbullah, yang merupakan musuh Israel.

(ita/ita)