Round-Up

Gonjang-Ganjing di Ibu Kota Korea Utara Usai Corona Diisukan Mewabah

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Apr 2020 07:24 WIB
Ilustrasi Pyongyang.
Ilustrasi Kota Pyongyang,Korut (Foto: Ed Jones/AFP/Getty Images)
Pyongyang -

Pyongyang, Korea Utara (Korut) diisukan mengalami gonjang-ganjing di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Kepanikan ditengarai tengah melanda warga di ibu kota negara pimpinan Kim Jong-un itu.

Aktivitas panic buying dilaporkan terjadi di Pyongyang dalam sepekan ini. Panic buying terjadi setelah sebelumnya isu virus Corona dilaporkan telah mewabah di Korut.

Isu itu berasal dari laporan Radio Free Asia pada awal pekan ini. Radio Free Asia menyebut kasus virus Corona sudah terkonfirmasi di Korut setidaknya sejak akhir Maret. Keterangan ini bertentangan dengan klaim pejabat yang menyebut tak ada kasus virus Corona di Korut.

Laporan itu didasarkan pada dua sumber yang dikutip Radio Free Asia, satu di Pyongyang dan satu di Provinsi Ryanggang. Keduanya menyebut bahwa konfirmasi itu disampaikan sejumlah dosen Korut saat berbicara kepada organisasi-organisasi dan kelompok pengawas setempat.

Menurut dua sumber itu, otoritas Korut memberitahu warganya dalam sejumlah kuliah umum bahwa ada kasus-kasus virus Corona yang terkonfirmasi di negara itu, dengan kasus paling awal terkonfirmasi pada akhir Maret. Jumlah pastinya tidak disebutkan lebih lanjut.

Kim Jong-un Dilaporkan Sakit Keras, Korsel: Tak Ada Tanda-tanda: