Penelitian Ungkap Pandemi Corona Berdampak Besar pada Kesehatan Mental

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Kamis, 16 Apr 2020 13:07 WIB
lustrasi anak stres
Foto: Ilustrasi stress (iStock)
Inggris -

Sebuah penelitian mengungkap dampak besar pandemi virus Corona (COVID-19) pada kesehatan mental miliaran orang di dunia. Mereka berjuang hidup di tengah kecemasan.

Seperti yang dilansir AFP, Kamis (16/4/2020) sebuah makalah yang diterbitkan Lancet Psychiatry, panel yang terdiri dari 24 spesialis, meminta lebih banyak dana untuk penelitian dampak COVID-19 terhadap kesejahteraan kesehatan mental masyarakat.

Dua survei yang melibatkan masyarakat Inggris, menunjukkan bahwa sebagian besar orang mengalami peningkatan kecemasan akut menghadapi pandemi Corona. Mereka tidak sehat secara mental sejak pandemi itu melanda.

"Kita semua berurusan dengan ketidakpastian yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ada perubahan besar pada cara kita menjalani hidup sebagai akibat dari virus Corona," kata ketua tim penulis penelitian itu, Emily Holmes dari departemen psikologi Universitas Uppsala, Swedia.

"Survei kami menunjukkan bahwa perubahan ini sudah berdampak besar pada kesehatan mental kita," lanjutnya.

Para penulis penelitian itu menyerukan pemantauan real-time terhadap kasus kecemasan, depresi, upaya melukai diri sendiri dan bunuh diri di seluruh dunia. Mereka juga menyarankan penciptaan program perawatan yang dapat diakses secara jarak jauh.

"Ini perlu pada skala yang lebih besar dari yang pernah kita lihat sebelumnya, dan harus dikoordinasikan, ditargetkan dan komprehensif," kata Matthew Hotopf, dari Institut Psikiatri, Psikologi, dan Neuroscience King's College London.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2 3