Cegah Penularan Corona, India Perpanjang Lockdown Hingga 3 Mei

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Selasa, 14 Apr 2020 13:53 WIB
India terapkan lockdown nasional beberapa waktu lalu. Meski dilarang keluar rumah, warga India ramai-ramai tinggalkan kota untuk kembali ke kampung halaman.
Foto: Momen ketika ratusan warga tinggalkan New Delhi ketika lockdown (AP Photo)

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa India belum melakukan tes yang cukup. Selain itu, jumlah kasus Corona sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi.

Beberapa negara bagian termasuk Maharashtra - lokasi kota Mumbai dan yang memiliki jumlah kasus tertinggi - Tamil Nadu dan Odisha telah mengumumkan perpanjangan lockdown.

Pada saat yang sama, lockdown sejak 25 Maret itu telah menghancurkan kondisi perekonomian rakyat miskin India. Sebabnya, mobilitas mereka dibatasi dengan ketat.


Jutaan pekerja harian mendadak kehilangan mata pencahariannya. Hal ini memaksa ratusan ribu orang untuk berjalan kaki ratusan kilometer pulang ke kampung halamannya.

Beberapa orang meninggal di jalan. Sementara yang lain dikucilkan oleh penduduk setempat ketika mereka sampai di kampung halaman. Sebuah video menunjukkan sekelompok migran disiram dengan bahan kimia. Sedangkan yang lain terkatung-katung di kota-kota dalam kondisi yang memprihatinkan -- tinggal di tempat sempit dan kumuh, yang bisa jadi tempat penyebaran virus.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3