Putin Umumkan Bonus Rp 2,1 Triliun untuk Tenaga Medis Tangani Pasien Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 09 Apr 2020 14:37 WIB
Russian President Vladimir Putin addresses the Federal Assembly, including the State Duma parliamentarians, members of the Federation Council, regional governors and other high-ranking officials, in Moscow, Russia February 20, 2019.  Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY.
Vladimir Putin (Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS)
Moskow -

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengumumkan bonus untuk para tenaga medis yang ada di 'garis depan' perjuangan melawan virus Corona (COVID-19) di negara tersebut. Putin menjanjikan total 10 miliar Ruble (Rp 2,1 triliun) sebagai bonus bulanan untuk para tenaga medis di seluruh Rusia.

Seperti dilansir AFP, Kamis (9/4/2020), bonus ini termasuk dalam langkah baru yang diumumkan Putin untuk mendukung masyarakat Rusia dalam menghadapi pandemi virus Corona. Putin mengimbau warganya untuk bersabar menghadapi pembatasan lockdown yang diberlakukan demi memperlambat penyebaran virus.

"Bagi kebanyakan orang, berada di dalam dengan dikelilingi tembok-tembok itu suram dan menyedihkan," sebut Putin saat melakukan panggilan video dengan sejumlah gubernur setempat. "Terobosan dalam memerangi penularan akan bergantung pada disiplin dan tanggung jawab kita," tegasnya.

Putin menyebut bahwa Rusia kini menyadari betapa krusialnya para perawat dan dokter 'untuk pertama kali dalam beberapa dekade'. Dia lantas menjanjikan 10 miliar Ruble untuk bonus bulanan bagi para tenaga medis di seluruh Rusia.

Nantinya, setiap dokter yang merawat pasien virus Corona akan menerima bonus 80 ribu Ruble (Rp 16,8 juta) per bulan. Sedangkan para perawat, paramedis ambulans dan sopir ambulans akan menerima bonus 25 ribu (Rp 5,2 juta) hingga 50 ribu Ruble (Rp 10,5 juta) per bulannya.

"Para spesialis ini ada di garis depan," ucap Putin, yang juga memerintahkan penambahan asuransi negara untuk para tenaga medis ini ke level yang diberikan untuk personel militer.

Simak juga video Konser Virtual Lady Gaga dan WHO untuk Tenaga Medis Lawan Corona:

Selanjutnya
Halaman
1 2