51 Pasien Virus Corona di Korsel Kembali Positif Usai Dinyatakan Sembuh

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 06 Apr 2020 17:30 WIB
Korsel jadi salah satu negara dengan jumlah kasus virus Corona yang tinggi di luar China. Langkah apa saja yang diambil Korsel untuk cegah penyebaran COVID-19?
Ilustrasi (AP/Ahn Young-joon)
Seoul -

Lebih dari 50 pasien virus Corona (COVID-19) di Korea Selatan (Korsel) yang telah sembuh dan dipulangkan dari karantina, kembali dinyatakan positif usai pemeriksaan terbaru. Kasus-kasus ini sedang diselidiki oleh otoritas kesehatan Korsel.

Seperti dilaporkan kantor berita Korsel, Yonhap News Agency, Senin (6/3/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korsel (KCDC) mengungkapkan bahwa 51 orang dari Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara -- pusat penyebaran virus Corona di Korsel -- telah dinyatakan positif virus Corona untuk kedua kalinya.

Puluhan orang itu kembali dinyatakan positif virus Corona setelah dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari karantina.

Direktur KCDC, Jeong Eun-kyeong, menyebut kasus-kasus ini menunjukkan kemungkinan besar virus Corona pada orang-orang tersebut, aktif kembali (reactivated). Jeong menegaskan bahwa orang-orang itu tidak terinfeksi kembali (reinfected), karena mereka kembali dinyatakan positif virus Corona dalam waktu relatif singkat usai dipulangkan dari karantina.

Otoritas kesehatan Korsel menyatakan tim penyidik telah dikirimkan ke Daegu untuk melakukan penyelidikan epidemiologi terhadap kasus-kasus tersebut.

Dalam analisis terpisah, sejumlah pakar virus dan epidemiologi menyatakan bahwa hasil positif dari pemeriksaan ulang mungkin berasal dari virus yang aktif kembali dan bukan karena diagnosis yang salah.

"Ada pola level virus yang menurun dan meningkat kembali. Sebuah penyelidikan harus dilakukan secara menyeluruh untuk mengetahui apakah levelnya cukup rendah untuk menunjukkan negatif," kata pakar penyakit menular pada Universitas Katolik Korea, Jegal Dong-wook.

Selanjutnya
Halaman
1 2