Ada 36 Kasus Baru Virus Corona dan 1.367 Kasus Tanpa Gejala di China

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 01 Apr 2020 15:48 WIB
FILE - In this  Jan. 28, 2020, file photo, people wearing face masks walk down a deserted street in Wuhan in central Chinas Hubei Province. As the coronavirus spreads around the world, International health authorities are hoping countries can learn a few lessons from China, namely, that quarantines can be effective and acting fast is crucial. On the other hand, the question before the world is to what extent it can and wants to replicate China’s draconian methods. (AP Photo/Arek Rataj, File)
Situasi di kota Wuhan saat di-lockdown terkait virus Corona (AP Photo/Arek Rataj, File)
Beijing -

Otoritas kesehatan China melaporkan 36 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari, dengan sebagian besar kasus impor. Laporan otoritas kesehatan China juga mengumumkan untuk pertama kalinya total 1.367 kasus virus Corona tanpa gejala di wilayahnya.

Seperti dilaporkan kantor berita Xinhua News Agency dan AFP, Rabu (1/4/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) dalam laporan terbaru mengumumkan 130 kasus baru virus Corona tanpa gejala (asymptomatic) di wilayah China daratan.

Dari jumlah itu, sekitar 47 kasus tanpa gejala dilaporkan ada di Provinsi Hubei, yang menjadi lokasi kota Wuhan -- titik nol pandemi virus Corona.

Secara total, NHC menyebut sejauh ini ada 1.367 kasus tanpa gejala yang ada di bawah pengawasan medis di wilayah China daratan.

Kasus tanpa gejala dilaporkan otoritas China untuk meredam kekhawatiran publik soal penularan virus Corona tanpa disadari. Ada banyak laporan ke pemerintah yang meminta pemerintah mengungkap jumlah kasus tanpa gejala, setelah terungkap satu pasien wanita di Provinsi Henan menjadi kontak dekat dari tiga kasus tanpa gejala.

Dalam laporannya, NHC juga melaporkan bahwa 36 kasus baru virus Corona terdiri atas satu kasus domestik -- penularan lokal -- yang muncul di Provinsi Guangdong dan 35 kasus kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri dan datang ke China.

Satu kasus impor ini datang dari Inggris dan muncul di kota Wuhan. Untuk pertama kalinya, kota Wuhan melaporkan kasus impor setelah selama tujuh hari berturut-turut melaporkan nol kasus baru. Total kasus impor di China daratan kini mencapai 806 kasus.

Selanjutnya
Halaman
1 2