Filipina Laporkan 343 Kasus Baru Corona Sehari, Total 71 Kematian

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 15:12 WIB
Women wear masks as a precautionary measure against the spread of COVID-19 coronavirus in Manila on March 13, 2020 (Photo by Maria TAN / AFP)
Warga Filipina memakai masker saat beraktivitas di luar di tengah wabah virus Corona (Maria TAN/AFP)
Manila -

Otoritas Filipina melaporkan 343 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari. Jumlah tersebut tercatat sebagai jumlah tertinggi untuk kasus baru dalam sehari di negara tersebut.

Seperti dilansir CNN dan Reuters, Senin (30/3/2020), dengan tambahan kasus tersebut, Departemen Kesehatan Filipina menyatakan kini jumlah total kasus virus Corona di negara itu mencapai 1.418 kasus.

Sebelumnya, Departemen Kesehatan Filipina telah memperkirakan lonjakan kasus karena terjadi peningkatan kapasitas pemeriksaan virus Corona dari Institut Penelitian Obat Tropis (RITM) dan sejumlah laboratorium sub-nasional yang tersebar di Filipina. RITM diketahui melakukan 900 hingga 1.000 pemeriksaan dalam sehari, sedangkan laboratorium sub-nasional mampu melakukan 80 hingga 160 pemeriksaan dalam sehari.

Dalam pernyataan pada Minggu (29/3) waktu setempat, Departemen Kesehatan Filipina juga mengumumkan tiga kematian baru akibat virus Corona. Media lokal GMA News Online melaporkan bahwa ketiga pasien yang meninggal dunia berusia di atas 70 tahun dan memiliki penyakit bawaan masing-masing.

Dengan demikian, sejauh ini sudah 71 orang meninggal dunia akibat virus Corona di wilayah Filipina.

Sedikitnya tujuh pasien dinyatakan sembuh dan dipulangkan dari rumah sakit. Laporan GMA News Online menyebut salah satu pasien yang sembuh merupakan seorang bocah perempuan berusia 13 tahun, yang menjadi salah satu pasien termuda yang terinfeksi virus Corona di negara tersebut.

Secara keseluruhan, total ada 42 pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh di Filipina sejauh ini.

Liha juga video India Sulap Gerbong Kereta Api Jadi Tempat Isolasi Pasien Corona:

(nvc/ita)