Sehari 31 Kasus Baru Corona di China, Hanya 1 Kasus Penularan Lokal

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 11:48 WIB
Ribuan orang terinfeksi virus corona di Wuhan, China. Berbulan-bulan berjibaku lawan COVID-19, Wuhan bangkit dan laporkan tak ada kasus baru virus Corona.
Suasana kota Wuhan yang baru bangkit dari virus Corona (AP Photo)
Beijing -

Otoritas China melaporkan 31 kasus baru virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Sebagian besar merupakan kasus impor, kecuali satu kasus domestik atau penularan lokal yang muncul dari seorang warga yang bepergian dari Provinsi Hubei yang telah dicabut larangan perjalanannya.

Seperti dilansir Reuters, Senin (30/3/2020), Komisi Kesehatan Nasional (NHC) melaporkan bahwa 30 kasus baru merupakan kasus impor atau kasus yang muncul dari orang-orang yang tertular di luar negeri dan datang ke China beberapa waktu terakhir.

Diketahui bahwa jumlah kasus impor di China daratan terus bertambah dan sejauh ini mencapai 723 kasus.

Provinsi Hubei, yang menjadi lokasi kota Wuhan -- tempat awal terdeteksinya virus Corona, melaporkan tidak ada kasus baru dalam enam hari berturut-turut. Pembatasan lalu lintas telah dicabut di provinsi yang berpenduduk 60 juta orang jiwa.

Namun satu kasus domestik -- penularan lokal -- dilaporkan muncul di Provinsi Gansu. Kasus domestik ini berasal dari seorang warga yang bepergian dari Provinsi Hubei ke provinsi tersebut, dengan menggunakan kode kesehatan yang menyatakan orang tersebut bebas virus Corona.

Setiap warga dari Provinsi Hubei, termasuk dari Wuhan, yang diperbolehkan bepergian secara pembatasan diperingan, diharuskan memiliki kode kesehatan warna hijau -- semacam izin perjalanan -- yang menyatakan orang tersebut tidak pernah melakukan kontak dengan 'suspect' atau pasien positif virus Corona.

WHO: Jangan Semprot Disinfektan Langsung ke Tubuh!:

Selanjutnya
Halaman
1 2