Vietnam Punya Banyak Bilik 'Sakti' Hapus Virus Corona, Bagaimana dengan RI?

Zulfi Suhendra, Andhika Prasetia - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 12:29 WIB
Covid-19 mobile disinfection chamber
Foto: Covid-19 mobile disinfection chamber/Vietnam Times
Jakarta -

Vietnam terbukti bisa menekan penyebaran virus Corona. 16 pasien di Vietnam beberapa waktu lalu sembuh 100% dari virus Corona.

Hal ini tak terlepas dari apa yang dilakukan pemerintah Vietnam demi memerangi penyebaran virus yang disebut datang dari Wuhan, China ini. Salah satunya adalah menyediakan bilik sterilisasi anti infeksi untuk masyarakat.

Dikutip dari Vietnamtimes.org, Rabu 18/3/2020), Kementerian Kesehatan Vietnam bekerja sama dengan Hanoi University of Technology mendesain dan membuat bilik anti infeksi, bakteri dan virus menggunakan air garam ber-ion. Bilik yang diberi nama Mobile Disinfection Chamber ini dibuat untuk mencegah penyebaran Corona.

Cara kerjanya, masyarakat bisa masuk ke dalam bilik tersebut selama 15-20 detik. Mereka akan 'dibersihkan' dari segala macam bakteri, virus dan lainnya. Disebutkan efektivitasnya bisa menghilangkan 90% virus dan bakteri di tubuh dan pakaian.

Kemenkes Vietnam menempatkan bilik ini di tempat ramai untuk memastikan keamanan dan mencegah penularan. Bilik iini bisa dipakai 1.000 orang dalam sehari. Bagusnya, barang ini bersifat mobile atau portable sehingga bisa dipindah-pindah ke mana saja.

Menurut Direktur VAST, Prof Dr Doan NGoc Hai, sistem ini didesain berdasarkan prinsip penggunaan larutan garam terionisasi (ANolyte) dalam bentuk kabut yang disemprotkan ke dalam tubuh. Zat itu akan dengan cepat mendisinfeksi permukaan tubuh.

Di hasil awal, Departemen Laboratorium dan Analisis (Institut Kesehatan dan Lingkungan Kerja) melakukan tes mikrobiologis pada manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 90% bakteri, virus di permukaan tubuh, pakaian. sepenuhnya dihapus setelah melalui bilik ini.

Jangan Egois! Kalau Habis dari Luar Negeri Harus Karantina Diri:

Selanjutnya
Halaman
1 2