Mendagri Australia Terkonfirmasi Positif Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 13 Mar 2020 14:29 WIB
Australias Minister for Home Affairs Peter Dutton announces measures against online sexual exploitation on March 5, 2020 during a press conference at the Department of Justice in Washington,DC. (Photo by MANDEL NGAN / AFP)
Peter Dutton (MANDEL NGAN/AFP)
Brisbane -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Australia, Peter Dutton, terkonfirmasi positif virus Corona atau Covid-19. Dutton menjadi pejabat pertama di Australia yang terinfeksi virus yang tengah merajalela secara global ini.

Seperti dilansir AFP dan ABC Australia, Jumat (13/3/2020), Dutton mengumumkan sendiri dalam pernyataan yang dirilis Jumat (13/3) ini. Diumumkan oleh Dutton bahwa dirinya kini memulai periode karantina di rumah sakit setempat.

"Pagi ini saya terbangun dengan suhu dan radang tenggorokan," ucap Dutton dalam pernyataannya.

"Saya segera menghubungi Departemen Kesehatan Queensland dan kemudian dites untuk Covid-19. Saya diberitahu oleh otoritas Kesehatan Queensland pada sore ini bahwa hasil tes menunjukkan positif," ungkapnya.

"Sudah menjadi kebijakan otoritas Kesehatan Queensland bahwa siapa saja yang dinyatakan positif harus dirawat di rumah sakit dan saya telah mematuhi saran mereka," sebut Dutton dalam pernyataannya.

Lebih lanjut, Dutton yang merupakan pejabat berpengaruh dalam pemerintahan Perdana Menteri (PM) Scott Morrison ini, menuturkan dirinya merasa baik-baik saja. "Saya merasa baik-baik saya dan akan memberikan informasi lebih lanjut pada waktunya," ujarnya.

Menurut laporan media Inggris, The Guardian, Dutton baru saja pulang dari Amerika Serikat (AS). Dia diketahui bertemu para pejabat AS, Inggris, Kanada dan Selandia Baru di Washington DC, AS, pada 6 Maret lalu, sebagai bagian dari jaringan aliansi intelijen 'Five Eyes'.

Pada Senin (9/3) waktu setempat, Dutton sempat membuka sebuah kampus di University of the Sunshine Coast di Moreton Bay, Brisbane. Kemudian Dutton diketahui berada di Sydney untuk mengikuti rapat kabinet pada Selasa (10/3) waktu setempat dan kembali ke Brisbane dengan penerbangan komersial pada hari yang sama. Pada Jumat (13/3) pagi waktu setempat, Dutton tidak muncul dalam acara televisi yang biasa dihadirinya.

(nvc/mae)