Hungaria Umumkan Kasus Pertama, 2 Pelajar Terinfeksi Corona

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 05 Mar 2020 02:24 WIB
Penampakan virus corona dari mikroskop elektron
Ilustrasi virus Corona Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases
Jakarta -

Pemerintah Hungaria mengumumkan kasus pertama virus Corona di negaranya. Dua orang pelajar berasal dari Iran terinfeksi virus Corona.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (5/3/2020) pemerintah Hungaria melaporkan kasus pertama virus corona yang dikonfirmasi pada hari Rabu (4/3). Dua pelajar asal Iran terinfeksi usai mengunjungi keluarganya.

"Dua pasien telah dibawa ke perawatan medis karena infeksi virus Corona," kata Perdana Menteri Hungaria, Viktor Orban dalam pesan video Facebook.

"Dua orang asing, pelajar yang belajar di Hungaria, orang Iran, mereka saat ini tampaknya bebas gejala, tetapi dipastikan terinfeksi," ujarnya.

Seorang dokter, Janos Szlavik di Rumah Sakit Pusat Southern Pest mengatakan di sebuah konferensi pers bahwa kedua pasien telah mengunjungi keluarganya di Iran baru-baru ini dan teman sekamar mereka sedang dikarantina. Pihak berwenang berusaha untuk melacak perjalanan kedua pelajar itu dan dengan siapa mereka telah berhubungan.

Sementara itu, jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi di Iran terus bertambah hingga nyaris 3 ribu kasus. Sejauh ini 92 orang meninggal dunia akibat virus corona di negara ini.

Seperti dilansir Associated Press, Rabu (4/3), juru bicara Kementerian Kesehatan Iran, Kianoush Jahanpour, dalam konferensi pers terbaru di Teheran, mengumumkan total kasus virus corona yang terkonfirmasi di Iran kini mencapai 2.922 kasus. Ini berarti ada sekitar 586 kasus baru yang dilaporkan di negara ini.

Jahanpour juga melaporkan adanya 15 kematian baru, yang membuat jumlah korban meninggal akibat virus corona di Iran saat ini mencapai 92 orang.

(rfs/rfs)