Super Tuesday Digelar di AS, Joe Biden Menang di 7 Negara Bagian

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Mar 2020 10:29 WIB
Former U.S. Vice President Joe Biden announces his candidacy for the Democratic presidential nomination in this still image taken from a video released April 25, 2019. BIDEN CAMPAIGN HANDOUT via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE HAS BEEN SUPPLIED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES
Joe Biden (BIDEN CAMPAIGN HANDOUT via REUTERS)
Washington DC -

Pemilihan umum (pemilu) awal Partai Demokrat atau yang biasa disebut 'Super Tuesday' digelar di sedikitnya 14 negara bagian Amerika Serikat (AS). Sejauh ini, Joe Biden dilaporkan menang di tujuh negara bagian, kemudian disusul Bernie Sanders yang menang di dua negara bagian.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Rabu (4/3/2020), Biden (77) yang mantan Wakil Presiden AS ini, sejauh ini diproyeksikan menang di negara bagian Alabama, Arkansas, Virginia, North Carolina, Tennessee, Minnesota dan Oklahoma.

Pemilu awal ini digelar untuk mencari penantang utama bagi Presiden Donald Trump yang kembali maju capres dalam pilpres 2020. Sebagian besar kemenangan yang diraih Biden ada di wilayah selatan AS, yang diketahui memiliki banyak populasi warga kulit hitam.

Oklahoma menjadi pengecualian, karena negara bagian di AS bagian tengah ini memiliki lebih banyak populasi warga pribumi AS dan hanya sedikit populasi warga kulit hitam. Tahun 2016 lalu, Sanders menang di Oklahoma dengan selisih tipis dari Hillary Clinton.

Hingga kini, Sanders (78) diproyeksikan memang di negara bagian Vermont, yang merupakan kampung halamannya, dan Colorado.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2