Warga Washington Tewas Akibat Corona, Trump Minta Tak Ada Kepanikan

Indra Komara - detikNews
Minggu, 01 Mar 2020 03:57 WIB
U.S. President Donald Trump and first lady Melania Trump arrive aboard Air Force One at Sigonella Air Force Base at Naval Air Station Sigonella in Sicily, Italy May 25, 2017.  REUTERS/Jonathan Ernst
Donald Trump. (Foto: REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington -

Seorang warga Washington, Amerika Serikat (AS) tewas akibat virus corona. Presiden Donald Trump meminta warganya tetap tenang dan tidak panik.

Seperti dikutip AFP, Minggu (1/3/2020), Trump mengonfirmasi bahwa kematian pertama itu menimpa seorang wanita berusia akhir 50-an. Dia tinggal di King County, yang termasuk Seattle.

"Kasus-kasus tambahan di Amerika Serikat kemungkinan besar," ucap Trump, pada konferensi pers di Gedung Putih.

"Negara kita siap menghadapi keadaan apa pun," imbuhnya.



Trump juga mengimbau kepada politisi tidak menyerukan hal-hal yang memicu kepanikan.

"Media dan politisi dan semua orang yang terlibat untuk tidak melakukan apa pun untuk memicu kepanikan," kata Trump.

Pemimpin Republik dan pejabat lainnya juga mengumumkan larangan perjalanan yang lebih lengkap dari Iran, yang telah menyaksikan penyebaran penyakit ini dengan cepat, dan mendorong warga Amerika untuk menghindari perjalanan ke daerah-daerah yang dilanda bencana di Italia dan Korea Selatan.

Wakil Presiden Mike Pence, yang ditugasi oleh Trump untuk memimpin upaya melawan virus itu, mengatakan bahwa larangan bepergian ke Iran telah diperluas untuk mencakup setiap warga negara asing.

Trump mengatakan dia akan bertemu dengan para pemimpin kelompok farmasi besar di Gedung Putih pada hari Senin untuk membahas perawatan dan upaya untuk mengembangkan vaksin untuk memerangi virus.

(idn/fai)