Anwar Ibrahim Legowo Dukung Mahathir Jadi PM Malaysia Lagi

ADVERTISEMENT

Anwar Ibrahim Legowo Dukung Mahathir Jadi PM Malaysia Lagi

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 29 Feb 2020 14:09 WIB
Malaysian politician Anwar Ibrahim (C) speaks to journalists outside a hotel in Kuala Lumpur on February 29, 2020, before departing to the National Palace for an audience with Malaysias King Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah. (Photo by Mohd RASFAN / AFP)
Anwar Ibrahim saat berbicara kepada wartawan di Kuala Lumpur sebelum bergegas ke Istana Negara untuk bertemu Raja Malaysia (Mohd RASFAN/AFP)
Kuala Lumpur -

Ketua Partai Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, menyatakan dukungan bagi Mahathir Mohamad untuk menjadi kandidat Perdana Menteri (PM) baru Malaysia. Dukungan ini disampaikan Anwar untuk menghentikan perebutan kekuasaan yang kini tengah berlangsung di Malaysia.

Seperti dilansir media lokal Malaysia, The Star, Sabtu (29/2/2020), hal tersebut disampaikan Anwar Ibrahim saat berbicara kepada wartawan setempat di luar Eastin Hotel, yang menjadi lokasi rapat para tokoh koalisi PH pada Sabtu (29/2) waktu setempat. Diketahui bahwa sebelumnya koalisi PH mencalonkan Anwar sebagai kandidat PM baru Malaysia.

Anwar menyatakan dirinya akan menyerahkan deklarasi legal yang menyatakan dukungan penuh koalisi Pakatan Harapan (PH) untuk Mahathir, kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Al-Sultan Abdullah Ri'ayatuddin Al-Mustafa Billah Shah, di Istana Negara.

Dalam pernyataannya, Anwar juga berterima kasih kepada para ketua partai politik anggota koalisi PH yang menyetujui mosinya untuk menghentikan perebutan kekuasaan di Malaysia. Dari Eastin Hotel, Anwar Ibrahim bergerak ke Istana Negara untuk melakukan audiensi dengan Sultan Abdullah.

"Saya akan mengambil langkah mundur dan mencalonkan Tun Mahathir sebagai kandidat kita untuk menjadi Perdana Menteri agar kita bisa menghindari negara ini diseret lebih jauh ke dalam perebutan kekuasaan dan ke dalam sistem lama yang telah ditolak oleh rakyat," ucap Anwar dalam pernyataannya.

"Semoga Allah merestui upaya kita untuk menyelamatkan negara ini dan memberikan perhatian pada kegiatan-kegiatan yang bisa memulihkan perekonomian," imbuhnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT