International Updates

Virus Corona Sudah Menyebar ke 46 Negara, Arab Saudi Setop Umrah

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 18:12 WIB
A member of the medical team takes a rest outside a hospital in Daegu, South Korea, Sunday, Feb. 23, 2020. South Koreas president has put his country on its highest alert for infectious diseases, saying Sunday that officials should take
Foto: AP Photo

Otoritas Iran tengah berjuang mengendalikan penyebaran wabah virus corona yang banyak muncul di Qom, sebuah wilayah pusat studi Islam yang menarik banyak peziarah.

Sekolah-sekolah, universitas dan pusat-pusat budaya setempat diliburkan sementara. Acara-acara olahraga dibatalkan. Tim petugas kebersihan dikerahkan untuk menyemprotkan disinfektan ke bus-bus umum, rangkaian kereta api dan tempat-tempat umum.



- Corona Sudah Menyebar ke 46 Negara, 82.000 Orang Terinfeksi dan 2.801 Tewas

Virus corona kian merajalela. Otoritas China melaporkan 29 kematian baru akibat virus corona atau Covid-19 di wilayahnya, yang diklaim sebagai angka terendah dalam sebulan terakhir. Jumlah korban meninggal akibat virus corona sejauh ini melampaui 2.800 orang secara global.

Seperti dilansir Channel News Asia dan kantor berita Xinhua News Agency, Kamis (27/2/2020), Komisi Kesehatan Nasional (NHC) mengumumkan sudah 2.744 orang meninggal dunia akibat virus corona di wilayah China daratan. Dengan 2.641 orang di antaranya meninggal di Provinsi Hubei yang menjadi pusat wabah ini.

NHC menyebut ada 29 kematian baru sepanjang Rabu (26/2) waktu setempat, yang terdiri atas 26 orang meninggal di Provinsi Hubei dan masing-masing satu orang meninggal di kota Beijing, Heilongjiang dan Henan.

Diklaim oleh NHC bahwa jumlah kematian baru di wilayah China daratan mengalami penurunan selama tiga hari berturut-turut dan mencapai angka terendah sejak 29 Januari lalu saat diumumkan 26 kematian baru dalam sehari.



- Virus Corona Merebak, Arab Saudi Setop Umrah Sementara

Arab Saudi menunda visa kunjungan umrah ke Mekah karena virus corona merebak di dunia. Ibadah umrah biasanya menarik puluhan ribu muslim seluruh dunia ke Saudi tiap bulannya.

Dilansir AFP, Rabu (27/2/2020), pengumuman penundaan visa kunjungan umrah ini disampaikan oleh Kementerian Luar Negeri lewat keterangan resmi.

"Pemerintah menunda sementara kunjungan umrah ke Masjid Nabawi di wilayah Kerajaan," demikian kata Kementerian Luar Negeri.

Saudi juga mengatakan pihaknya juga menunda visa-visa untuk kunjungan turis dari negara-negara yang terjangkit corona.

- Kasus Pertama di Jepang, Wanita di Osaka Ini 2 Kali Terinfeksi Corona

Seorang wanita di Jepang dinyatakan positif virus corona atau Covid-19 untuk kedua kalinya. Wanita yang bekerja sebagai pemandu bus tur ini dikonfirmasi kembali terinfeksi virus corona pada pekan ini, setelah dinyatakan sembuh pada awal Februari lalu.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (27/2/2020), wanita yang tidak disebut identitasnya ini, menjadi orang pertama di Jepang yang terinfeksi virus corona sebanyak dua kali.

Dilaporkan pemerintah prefektur Osaka bahwa wanita ini kembali dinyatakan positif virus corona pada Rabu (26/2) waktu setempat, usai menderita radang tenggorokan dan sakit di bagian dada. Disebut bahwa wanita ini berusia 40-an tahun dan merupakan penduduk Osaka.

Wanita itu pertama kali dinyatakan positif virus corona pada akhir Januari lalu dan telah dipulangkan dari rumah sakit pada 1 Februari lalu usai dinyatakan sembuh. Ini berarti, dia kembali terinfeksi virus corona sekitar 26 hari usai dinyatakan sembuh.

Halaman

(ita/ita)