Bentrok dengan Kelompok Pemberontak, 2 Tentara Nigeria Tewas

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Minggu, 23 Feb 2020 03:49 WIB
Iraqi army soldiers are deployed in front of the U.S. embassy, in Baghdad, Iraq, Wednesday, Jan. 1, 2020. Iran-backed militiamen have withdrawn from the U.S. Embassy compound in Baghdad after two days of clashes with American security forces. (AP Photo/Nasser Nasser)
Ilustrasi Bentrok Foto: AP Photo/Nasser Nasser
Jakarta -

Dua tentara Negeria tewas dalam sebuah bentrokan dengan kelompok pemberontak. Bentrokan terjadi di negara bagian Adamawa, timur laut Nigeria.

Dilansir dari kantor berita AFP, Minggu (23/2/2020), kelompok pemberontak menggunakan bus menyerbu Kota Garkida dan menyerang pasukan yang menjaga kota dalam pertempuran senjata yang memaksa penduduk melarikan diri ke pegunungan di sekitarnya, pada Sabtu (22/2/2020).

"Dua tentara tewas dalam pertempuran yang membuat penduduk melarikan diri ke pegunungan yang menghadap kota," kata pemimpin milisi Bitrus Andrew.

Belum ada kelompok pemberontak yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Kelompok pemberontak tersebut membakar sebuah seminari dan beberapa kendaraan termasuk dua ambulans milik rumah sakit umum.

Tidak ada warga sipil yang terluka dalam serangan itu karena semua penduduk meninggalkan kota selama pertempuran.

"Itu setelah para pemberontak mengejar tentara keluar dari kota mereka melakukan pembakaran dan pergi," kata seorang penduduk lokal, Abdullahi Isah.

Kekerasan oleh kelompok pemberontak telah menewaskan 36.000 orang dan diperkirakan 2 juta orang mengungsi dari rumah mereka di timur laut Negeria sejak 2009. Konflik telah menyebar ke negara tetangga seperti Niger, Chad, dan Kamerun, mendorong koalisi militer regional untuk memerangi para pemberontak.

(rfs/zak)