3 Orang Tewas Tertembak di Kenya, Pelaku Diduga Kelompok Jihadis Somalia

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Kamis, 20 Feb 2020 04:26 WIB
ilustrasi penembakan
Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Jakarta -

Setidaknya tiga orang dinyatakan tewas ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke bus penumpang di timur laut Kenya. Serangan itu diduga dilakukan kelompok jihadis Al-Shabab yang berasal dari negara tetangga, Somalia.

"Sebuah penambakan terjadi di bus penumpang dan tiga orang dinyatakan tewas," ujar seorang Perwira Senior Polisi di Mandera, daerah perbatasan Kenya dengan Somalia seperti dilansir AFP, Kamis (20/2/2020).

Pemilik bus mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (19/2) sekitar pukul 11.00 pagi waktu setempat. Peristiwa berawal saat seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ketika bus meninggalkan Mandera.

Dia mengatakan tak ada petugas keamanan dalam bus tersebut. Tindakan pencegahan biasanya hanya dilakukan di wilayah di mana serangan kelompok jihadis Al-Shaabab sering terjadi.

Semenjak awal tahun ini, kelompok jihadis jaringan Al-Qaeda itu telah meningkatkan serangan di timur Kenya, sepanjang perbatasan Somalia. Sementara bulan lalu, tiga orang terbunuh di dekat wilayah selatan perbatasan Somalia, ketika seorang pria bersenjata menyerang sebuah bus yang sedang melakukan perjalanan.

Tonton juga video Berita Dunia: 16 Jam Horor Penembakan di Thailand:

Selanjutnya
Halaman
1 2