Jepang Selesai Periksa Semua Penumpang-Awak Kapal Pesiar yang Dikarantina

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 15:58 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina di Jepang akibat wabah virus corona. Yuk lihat aktivitas para penumpang kapal pesiar tersebut.
Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di Yokohama, Jepang sejak awal Februari lalu (AP Photo/Jae C Hong)
Tokyo -

Otoritas Jepang mengumumkan pihaknya telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap seluruh orang yang ada di dalam kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama selama nyaris dua pekan terakhir. Sejauh ini dinyatakan 454 orang dari kapal pesiar itu positif virus corona.

Seperti dilansir AFP, Selasa (18/2/2020), Jepang menuai kritikan atas caranya menangani situasi di kapal pesiar yang dikelola Holland America yang berkantor di Amerika Serikat (AS) tersebut. Belasan kasus virus corona terdeteksi nyaris setiap hari sejak kapal pesiar itu berlabuh dan dikarantina di Yokohama pada awal Februari.

Otoritas Jepang membela pendekatan yang dilakukan pihaknya. Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, menyatakan bahwa para penumpang yang dinyatakan negatif virus corona akan diizinkan turun kapal mulai Rabu (19/2) besok.

"Kami telah selesai melakukan pemeriksaan terhadap semua orang (di dalam kapal)," tutur Kato kepada wartawan setempat.

"Beberapa hasil (pemeriksaan) telah keluar ... dan bagi orang-orang yang hasil pemeriksaannya sudah jelas, kami berupaya mempersiapkan penurunan dari kapal mulai dari tanggal 19 (Februari)," imbuhnya.

Kato menyebut proses penurunan orang-orang dari kapal pesiar itu akan memakan waktu 2-3 hari.

Namun bagi orang-orang yang melakukan kontak dekat dengan mereka yang telah dinyatakan positif virus corona, akan direset masa karantinanya dan dihitung sejak tanggal mereka melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi itu.

Para awak kapal pesiar Diamond Princess juga diperkirakan masih akan dipantau untuk karantina tambahan, setelah penumpang terakhir turun dari kapal. Diketahui bahwa kapal pesiar itu membawa total 3.711 orang dari berbagai negara, yang terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 awak.

Simak Video "Kemlu: 3 WNI di Kapal Pesiar Jepang Terjangkit Virus Corona"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2