International Updates

71 Ribu Orang Terinfeksi, 454 Orang Positif Corona di Kapal Pesiar Jepang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 18:22 WIB
The quarantined cruise ship Diamond Princess is anchored in the Yokohama Port Sunday, Feb. 9, 2020. Japan on Saturday reported three more cases of the coronavirus aboard the Diamond Princess for a total of 64 . There are 3,700 passengers and crew on the Diamond Princess who must remain on board for 14 days. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Kapal pesiar Diamond Princess masih akan dikarantina di Jepang hingga 19 Februari (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Jakarta -

Wabah virus corona masih terus merajalela dengan lebih dari 71 ribu orang terinfeksi secara global. Jumlah korban tewas akibat virus ini bertambah menjadi 1.775 orang.

Sebagian besar kasus virus corona masih ada di wilayah China daratan, dengan jumlah korban tewas saat ini mencapai 1.770 orang. Lima orang lainnya meninggal dunia akibat virus ini di Filipina, Hong Kong, Jepang, Prancis dan Taiwan.

Jumlah kasus virus corona yang terkonfirmasi secara global telah melampaui angka 71 ribu kasus. Lebih dari 70 ribu kasus ada di wilayah China daratan dan sekitar 700 kasus lainnya tersebar di sedikitnya 26 negara.

Dari kasus-kasus virus corona yang terkonfirmasi di berbagai negara, Jepang tercatat memiliki kasus terbanyak. Dengan sebagian besar kasus ada muncul dari sebuah kapal pesiar bernama Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama sejak awal Februari lalu.

Lebih dari 300 warga negara Amerika Serikat (AS) yang ada di dalam kapal pesiar itu telah dievakuasi dengan dua pesawat charter. Bahkan dilaporkan ada 14 orang yang positif virus corona, tetap diizinkan ikut penerbangan evakuasi itu. AS mengevakuasi warganya sebelum masa karantina berakhir.

Penumpang lainnya -- dilaporkan ada lebih dari 3.700 penumpang dan awak -- yang masih ada di dalam kapal pesiar itu harus menyelesaikan karantina hingga Rabu (19/2) mendatang sebelum diperbolehkan turun. Laporan terbaru dari otoritas Jepang menyebut ada 99 kasus baru di kapal pesiar itu, yang menjadikan total 454 kasus terkonfirmasi dari kapal pesiar Diamond Princess.

Sementara itu di AS, Presiden Donald Trump menyerukan agar Rusia menghentikan dukungan untuk rezim Presiden Bashar al-Assad yang disebut terus melakukan kekejaman dalam konflik Suriah yang tak kunjung berakhir.

Berikut berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom hari ini:

- 1 Pasien Meninggal di Taiwan, Total 1.775 Orang Meninggal Akibat Corona

Otoritas kesehatan China melaporkan adanya 105 kematian baru akibat virus corona di wilayahnya. Satu pasien virus corona di Taiwan meninggal dunia pada Minggu (16/2) waktu setempat. Secara global, tercatat sudah 1.775 orang meninggal dunia akibat wabah virus corona.

Seperti dilansir Channel News Asia dan media nasional China Global Television Network (CGTN), Senin (17/2/2020), Komisi Kesehatan Nasional China (NHC) melaporkan 105 orang meninggal akibat virus corona pada Minggu (16/2) waktu setempat.

Dari jumlah itu, sekitar 100 orang meninggal di Provinsi Hubei, pusat wabah ini. Laporan kantor berita Xinhua News Agency menyebut tiga orang lainnya meninggal di Henan dan dua orang meninggal di Guangdong.

Dengan adanya laporan kematian baru itu, maka jumlah total korban tewas akibat virus corona di wilayah China daratan mencapai 1.770 orang. Sekitar 1.696 orang di antaranya meninggal akibat virus corona di Provinsi Hubei, yang menjadi wilayah yang terdampak virus ini paling parah.

Lima orang lainnya meninggal dunia di Filipina, Hong Kong, Jepang, Prancis dan yang terbaru di Taiwan. Menurut Pusat Pengendalian Penyakit Taiwan, satu pasien yang meninggal dunia ini merupakan seorang pria berusia 60-an tahun yang memiliki riwayat penyakit hepatitis B dan diabetes. Pasien ini dinyatakan meninggal dunia akibat pneumonia sepsis pada Minggu (16/2) waktu setempat.

Simak Video "PM Kamboja Sambut Kapal Pesiar yang Ditolak Karena Geger Corona"

Selanjutnya
Halaman
1 2 3