Ada 99 Kasus Baru, Total 454 Orang Positif Corona di Kapal Pesiar di Jepang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 17 Feb 2020 17:19 WIB
Kapal pesiar Diamond Princess masih dikarantina di Jepang akibat wabah virus corona. Yuk lihat aktivitas para penumpang kapal pesiar tersebut.
Kapal pesiar Diamond Princess dikarantina di Jepang sejak awal Februari lalu (AP Photo/Jae C Hong)
Tokyo -

Otoritas Jepang mengonfirmasi ada 99 kasus baru virus corona dari kapal pesiar Diamond Princess yang dikarantina di Yokohama, Jepang. Ini berarti total sudah 454 orang yang positif virus corona dari kapal pesiar tersebut.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Senin (17/2/2020), Kementerian Kesehatan Jepang dalam pernyataan terbaru menyebut hasil pemeriksaan terbaru menunjukkan ada 99 orang lainnya yang positif virus corona dari dalam kapal pesiar itu.

Disebutkan Kementerian Kesehatan Jepang bahwa pihaknya sejauh ini telah memeriksa total 1.723 orang di dalam kapal pesiar Diamond Princess. Diketahui bahwa kapal pesiar itu membawa lebih dari 3.700 penumpang dan awak, termasuk 78 warga negara Indonesia (WNI).

Tidak diketahui lebih lanjut apakah 99 kasus baru itu sudah termasuk 14 warga Amerika Serikat (AS) yang dinyatakan positif virus corona saat akan dievakuasi dengan pesawat bersama ratusan orang lainnya ke wilayah AS. Hasil pemeriksaan dari 14 warga AS itu baru diketahui saat mereka akan naik penerbangan pulang ke negara mereka.

Diketahui bahwa kapal pesiar Diamond Princess telah dikarantina di Pelabuhan Yokohama, Jepang, sejak awal Februari lalu. Kasus virus corona dari kapal pesiar ini menjadi kasus cluster virus corona terbesar kedua di luar China daratan yang menjadi pusat wabah ini.

Lebih dari 3.700 orang di dalam kapal pesiar itu tidak diperbolehkan turun hingga karantina berakhir pada Rabu (19/2) mendatang. Kebanyakan dari penumpang hanya berdiam di dalam kabin-kabin masing-masing dan hanya sesekali keluar ke balkon, dengan memakai masker.

WHO Belum Bisa Prediksi Penyebaran COVID-19 ke Depannya: