Kasus Corona Terus Bertambah, Awak Kapal Diamond Princess: Kami Ingin Pulang!

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kamis, 13 Feb 2020 17:59 WIB
Jumlah orang yang positif virus corona di kapal pesiar Diamond Princess di Jepang bertambah jadi 218 orang. Sebelumnya diketahui ada 175 orang positif virus itu
Foto: Getty Images/Carl Court
Tokyo -

Terus bertambahnya kasus virus corona di kapal pesiar Diamond Princess, yang dikarantina di Jepang memicu kecemasan para penumpang dan awak kapal tersebut. Banyak penumpang yang menyuarakan kecemasan mereka lewat media sosial. Awak kapal tersebut juga angkat bicara dalam tayangan video oleh media India, NDTV, hari Kamis ini.

"Kami takut jika infeksi menyebar, itu menyebar begitu cepat sehingga kami juga bisa terkena," kata Sonali Thakkar, petugas keamanan kapal. "Kami tak mau (menjadi sakit). Kami cuma ingin pulang," imbuhnya dalam klip yang ditayangkan NDTV seperti dilansir AFP, Kamis (13/2/2020).

Kapal pesiar Diamond Princess telah dikarantina di Yokohama, Jepang sejak 5 Februari lalu. Otoritas Jepang kini akan mengizinkan sejumlah penumpang berusia lanjut meninggalkan kapal dan menginap di fasilitas penginapan yang disiapkan pemerintah.



Langkah ini akan dilakukan seiring terus bertambahnya jumlah kasus virus corona atau Covid-19 di kapal pesiar tersebut. Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato hari ini mengumumkan 44 kasus baru yang terdiri dari 43 penumpang dan 1 awak kapal, sehingga kini total kasus mencapai 218.

Kato mengatakan, sejumlah penumpang berusia lanjut akan diizinkan meninggalkan kapal jika hasil tes mereka negatif. Mereka yang memilih untuk turun dari kapal akan diinapkan di fasilitas pemerintah menunggu berakhirnya masa karantina pada 19 Februari mendatang.

"Jika hasil tes mereka negatif, mereka yang ingin turun bisa pergi dan tinggal di fasilitas penginapan yang akan disiapkan pemerintah," ujar Kato.

Tonton juga Geger Virus Corona, Kapal Pesiar Ini Ditolak 4 Negara :

Selanjutnya
Halaman
1 2