10 Orang Positif Corona, 3.700 Orang Dikarantina di Kapal Pesiar 14 Hari

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 05 Feb 2020 11:46 WIB
A small boat navigates near a cruise ship Diamond Princess anchoring off the Yokohama Port Tuesday, Feb. 4, 2020, in Yokohama, near Tokyo. Japanese health officials are conducting extensive medical checks on all 3,700 passengers and crew of the cruise ship that returned to the country after one passenger tested positive for the new coronavirus. (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Lebih dari 3.700 orang di dalam kapal pesiar Diamond Princess akan dikarantina lebih lanjut untuk 14 hari ke depan (AP Photo/Eugene Hoshiko)
Tokyo -

Hasil pemeriksaan menunjukkan sedikitnya 10 orang di dalam sebuah kapal pesiar yang dikarantina di Teluk Yokohama, Jepang, positif terinfeksi virus corona. Oleh karena itu, karantina massal terhadap lebih dari 3.700 orang yang ada di dalam kapal pesiar itu akan dilanjutkan untuk 14 hari ke depan.

Seperti dilansir CNN dan Channel News Asia, Rabu (5/2/2020), kapal pesiar bernama Diamond Princess itu harus dikarantina setelah salah satu penumpangnya diketahui positif virus corona usai turun dari kapal saat kapal tersebut tiba di Hong Kong pada 25 Januari lalu.

Diketahui ada 3.711 orang, yang terdiri dari 2.666 penumpang dan 1.045 awak, di dalam kapal pesiar itu. Semuanya harus menjalani pemeriksaan medis secara menyeluruh. Para petugas medis mendatangi setiap kamar untuk memeriksa suhu tubuh dan kondisi kesehatan orang-orang yang ada di dalam kapal itu.

Pada Rabu (5/2) waktu setempat, otoritas Jepang mengumumkan sejauh ini 10 orang di dalam kapal itu dinyatakan positif virus corona. Mereka telah diturunkan dari kapal pesiar itu untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut. Asal kewarganegaraan dan identitas mereka tidak diungkap ke publik.

Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, juga menuturkan kepada wartawan bahwa spesimen dari lebih 200 orang yang diketahui melakukan kontak dengan seorang penumpang yang terlebih dulu positif virus corona, telah dikumpulkan. Separuhnya masih menunggu hasil pemeriksaan.

"Dari sekitar pukul 07.30 waktu setempat, kami meminta mereka (10 orang yang positif virus corona-red) untuk turun dari kapal, dan dalam kerja sama dengan Patroli Pantai kami mengirimkan mereka kepada otoritas medis," tutur Kato.

Petugas medis saat mengevakuasi penumpang yang positif virus corona dari sebuah kapal pesiar di YokohamaPetugas medis saat mengevakuasi penumpang yang positif virus corona dari sebuah kapal pesiar di Yokohama Foto: Hiroko Harima/Kyodo News via AP

Simak Video "Jepang Pastikan 10 Penumpang Kapal Pesiar Positif Corona"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2