Jepang Kirim Pesawat Pertama ke Wuhan untuk Evakuasi Warga dari Virus Corona

Isal Mawardi - detikNews
Rabu, 29 Jan 2020 01:53 WIB
Penyebaran Novel Coronavirus (2019-nCoV) telah meluas ke sejumlah negara, termasuk Kamboja. Para siswa pun diimbau kenakan masker saat beraktivitas di sekolah.
Siswa Sekolah di Kamboja Pakai Masker untuk Cegah Virus Corona (AP Photo/Heng Sinith)
Tokyo -

Pemerintah Jepang mengirim pesawat pertama ke Kota Wuhan, China, untuk mengevakuasi ratusan warganya dari wabah virus Corona. Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi. Pesawat itu akan berangkat pada Selasa (28/1) malam dan kembali ke Jepang pada Rabu (29/1) pagi.

Dilansir dari AFP, Selasa (28/1/2020), pesawat itu akan berangkat pada malam dan kembali ke Jepang pada Rabu (29/1) pagi. Motegi mengatakan pihaknya berencana menambah pesawat tambahan untuk mempercepat proses evakuasi.

"Kami juga akan membawa persediaan bantuan seperti masker dan pakaian pelindung untuk orang-orang China serta warga negara Jepang," kata Motegi.

Pesawat pertama yang berangkat akan mengevakuasi 200 warga. Sementara itu, ada sekitar 650 warga negara Jepang yang berminat untuk pulang.


Pejabat dan tim kesehatan akan dilibatkan untuk memantau para penumpang. Pemerintah Jepang tak berencana melakukan karantina terhadap warganya yang kembali dari Wuhan.

"Kami akan mengirim sekitar empat orang per pesawat, (yakni) seorang dokter medis, seorang petugas karantina, seorang perawat dan sebagainya. Kami akan melakukan karantina di pesawat dalam perjalanan pulang," kata seorang pejabat Kementerian Kesehatan kepada AFP.

Persebaran Virus Corona di Berbagai Belahan Dunia:

Selanjutnya
Halaman
1 2