Tergelincir Saat Akan Mendarat, Pesawat Maskapai Iran Berhenti di Jalan Raya

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 16:07 WIB
pesawat iran
Pesawat maskapai Iran, Caspian Airlines tergelincir dan masuk ke jalan raya (AFP)
Teheran -

Sebuah pesawat penumpang Iran tergelincir dan keluar dari landasan pacu saat akan mendarat di kota Bandar-e Mahshahr. Pesawat maskapai Iran itu pun berhenti di jalan raya.

Tak ada korban dalam insiden yang terjadi pada Senin (27/1) ini.

"Tiba di bandara Mahshahr, pilot terlambat mendaratkan pesawat dan ini menyebabkan pesawat keluar landasan," kata kepala otoritas aviasi provinsi Khuzestan, Mohammadreza Rezaeia seperti dilaporkan stasiun televisi pemerintah Irak dan dilansir AFP, Senin (27/1/2020).


"Ini menyebabkan pesawat melebihi landasan dan berhenti di jalan raya dekat bandara," imbuhnya.

Pesawat McDonnell Douglas milik maskapai Iran, Caspian Airlines tersebut terbang dari Bandara Mehrabad di Teheran, Iran dengan membawa 135 penumpang dan kru pesawat. Televisi Iran melaporkan bahwa semua penumpang dan kru selamat.

Seorang reporter TV Iran yang berada di pesawat tersebut mengatakan bahwa "roda belakang pesawat patah, karena kami melihatnya tertinggal di landasan". Dikatakannya, pesawat terus melaju tanpa roda sebelum akhirnya berhenti di jalan raya.


Otoritas aviasi Iran menyatakan, penyebab insiden ini masih diselidiki.

Iran telah berencana memperbarui armada pesawatnya setelah sanksi-sanksi Amerika Serikat dicabut menyusul kesepakatan nuklir tahun 2015 antara Teheran dan negara-negara besar dunia. Namun ketika Presiden AS Donald Trump menarik diri dari perjanjian nuklir itu pada Mei 2018 dan menerapkan kembali sanksi-sanksi ekonomi, Departemen Keuangan AS mencabut lisensi untuk Boeing dan Airbus menjual pesawat kepada Iran.

Simak Video "Temui Mahfud, Dubes Iran Ingin Tingkatkan Kerja Sama dengan RI"

[Gambas:Video 20detik]

(ita/ita)