Round-Up

Bak Kota Mati di China Gegara Virus Corona

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 22:00 WIB
Foto: AFP/STR
Wuhan -

Penularan virus Corona baru atau Coronavirus terus meningkat di China. Virus mematikan ini menyebabkan China bak kota mati.

Otoritas China menutup atau mengisolasi dua kota besar di sebuah provinsi yang menjadi pusat wabah virus mematikan ini. Dengan penutupan ini, pesawat dan kereta api dilarang meninggalkan kedua kota tersebut dalam langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (23/1/2020), warga di Wuhan, kota pelabuhan besar di provinsi Hubei dengan populasi sekitar 11 juta jiwa itu diperintahkan untuk tidak meninggalkan kota tersebut tanpa alasan khusus.

Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus corona.Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus corona. (Foto: dok. Tangkapan Layar Video Youtube Rio Alfi)

Perintah itu didukung dengan penutupan transportasi. Kereta dan pesawat yang keluar dari Wuhan tak beroperasi hingga waktu yang belum ditentukan. Jalan-jalan tol menuju keluar kota juga telah ditutup. Tidak hanya itu, semua gedung bioskop, pasar pusat dan warnet akan ditutup.

Untuk diketahui, virus ini pertama kali muncul di kota Wuhan, ibu kota provinsi Hubei, di mana pasar hewan hidup dan ikan telah diidentifikasi sebagai asal-muasal wabah ini. Sejauh ini, virus corona telah menewaskan 26 orang di China.

Kekhawatiran virus corona membuat pemerintah China menambah empat kota lagi ke dalam daftar larangan transportasi publik. Larangan ini membatasi pergerakan sekitar 41 juta orang di 13 kota.

Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus corona.Kondisi sepinya Kota Wuhan di China yang diisolasi akibat virus corona. (Foto: dok. Tangkapan Layar Video Youtube Rio Alfi)

Para pejabat di kota Xianning, Xiaogan, Enshi, dan Zhijiang--semuanya berlokasi di provinsi Hubei, tempat virus ini pertama kali muncul- menyatakan layanan transportasi umum termasuk bus dan stasiun kereta akan ditutup.

Keempat kota itu menambah panjang daftar kota-kota yang menerapkan pembatasan bepergian sebagai upaya untuk mengendalikan penyebaran wabah virus corona baru yang telah menjangkiti lebih dari 800 orang.

Di kota Wuhan, kereta dan pesawat dilarang meninggalkan Wuhan sejak Kamis (23/1). Otoritas Jingzhou, Huangshi juga menutup rute transportasi publik. Kota-kota lain yang masuk dalam daftar larangan transportasi mencakup Xiantao, Chibi, Ezhou, Huanggang dan Lichuan juga memberlakukan pembatasan transportasi umum.

Selanjutnya
Halaman
1 2