China Bergegas Bangun Rumah Sakit Khusus untuk Pasien Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 14:46 WIB
Kota Wuhan yang menjadi asal virus corona ini diisolasi untuk mengendalikan penyebaran (AFP/STR)
Beijing -

Otoritas China sedang membangun sebuah rumah sakit, dengan cepat, yang didedikasikan untuk merawat pasien virus corona baru. Tercatat lebih dari 800 kasus tengah ditangani dan 26 orang meninggal akibat virus corona baru ini.

Seperti dilansir Associated Press dan Reuters, Jumat (24/1/2020), pemerintah kota Wuhan menyatakan pihaknya sedang membangun sebuah rumah sakit dengan kapasitas 1.000 ranjang, dengan cara yang sama saat membangun fasilitas yang dibangun otoritas China ketika terjadi epidemi SARS beberapa tahun lalu.

Rumah sakit ini akan dibangun di atas tanah seluas 25 ribu meter persegi dan dijadwalkan akan selesai dibangun pada 3 Februari mendatang.

Laporan surat kabar Changjiang Daily menyebut rumah sakit baru ini sedang dibangun di sekitar kompleks taman liburan yang awalnya dimaksudkan bagi para pekerja lokal, yang didirikan di area taman dekat danau di pinggiran Wuhan.

Rumah sakit baru ini dibangun dari gedung-gedung pra-cetak (prefabricated) yang akan bisa diisi 1.000 ranjang di dalamnya. Mesin-mesin konstruksi, termasuk 35 mesin penggali dan 10 buldoser, telah tiba di lokasi itu sejak Kamis (23/1) malam waktu setempat.

"Pembangunan proyek ini untuk mengatasi kekurangan sumber daya medis yang sudah ada. Karena ini akan menjadi gedung-gedung prefabricated, ini tidak hanya akan dibangun dengan cepat tapi juga tidak memakan banyak biaya," sebut laporan Changjiang Daily.

Simak Video "Pasien Suspect Virus Corona di RSPI Sulianti Saroso Pernah ke China"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2