Korut Tunjuk Mantan Tentara Berlidah Tajam Jadi Menteri Luar Negeri

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 24 Jan 2020 13:32 WIB
Ri Son Gwon dalam foto tahun 2018 (Korea Pool via AP, File)
Pyongyang -

Korea Utara (Korut) menunjuk seorang mantan tentara berlidah tajam, Ri Son Gwon, menjadi Menteri Luar Negeri (Menlu) baru bagi rezim komunis tersebut. Hal ini menjadi indikasi bahwa Korut akan mengambil posisi lebih keras terhadap Amerika Serikat (AS) dalam perundingan nuklir yang buntu.

Seperti dilansir Associated Press, Jumat (24/1/2020), jabatan baru Ri Son Gwon sebagai Menlu Korut diungkapkan pada Jumat (24/1) waktu setempat, dalam laporan kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), yang mengulas kehadirannya dalam pertemuan untuk diplomat asing di Pyongyang.

Media-media Korea Selatan (Korsel) dan media-media asing lainnya beberapa waktu terakhir melaporkan bahwa Korut telah memberitahu jabatan baru Ri Son Gwon kepada para diplomat asing di Pyongyang pekan lalu.

"Kamerad Ri Son Gwon mengatakan bahwa rakyat Korea telah berubah menjadi ofensif untuk mendobrak hambatan bagi kemajuan pembangunan sosialis dengan alasan kemandirian ... dan mengenalkan ke publik soal posisi kebijakan luar negeri pemerintah (Korea Utara)," tulis KCNA soal pidato Ri Son Gwon dalam pertemuan itu.

Ri Son Gwon yang dikenal selalu bicara blak-blakan ini, pensiun dari militer dengan pangkat Kolonel. Dia sebelumnya memimpin sebuah lembaga pemerintah yang bertanggung jawab atas hubungan dengan Korsel.

Sosok Ri Son Gwon telah ikut serta dalam sejumlah perundingan militer antara kedua Korea dalam 15 tahun terakhir. Namun dia tidak memiliki banyak pengalaman soal kebijakan luar negeri dan kurang pengalaman dalam perundingan dengan Amerika Serikat (AS) dan negara-negara lain.

Simak Video "Warga Iran Kompak Turun ke Jalan Memprotes Amerika dan Israel"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2