Trump Sebut Boeing sebagai 'Kekecewaan Besar'

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 23 Jan 2020 09:01 WIB
Donald Trump (AP Photo/Alex Brandon)
Davos -

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump melontarkan kritikan untuk Boeing. Trump menyebut Boeing sebagai 'perusahaan yang sangat mengecewakan' karena krisis 737 MAX yang terus berlangsung telah berdampak pada perekonomian AS.

Seperti dilansir AFP, Kamis (23/1/2020), kritikan ini disampaikan Trump dalam wawancara dengan CNBC di sela-sela menghadiri Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, pekan ini.

"Ini (Boeing-red) merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia, katakanlah itu setahun lalu, dan kemudian tiba-tiba semuanya terjadi," ucap Trump dalam wawancara tersebut.

"Ini memiliki dampak luar biasa. Anda tahu, ketika Anda bicara soal pertumbuhan, itu sangat besar sehingga beberapa orang mengatakan itu lebih dari setengah poin PDB (Produk Domestik Bruto). Jadi Boeing -- kekecewaan besar bagi saya," tegasnya.

Menteri Keuangan AS, Steven Mnuchin, menyebut isu-isu Boeing, termasuk grounding 737 MAX, telah memangkas angka pertumbuhan ekonomi AS sebanyak 0,5 persen hingga 0,7 persen.

Pada Selasa (21/1) waktu setempat, Boeing kembali memundurkan target waktu untuk kembali mengudaranya 737 MAX menjadi pertengahan tahun 2020. Hal itu memicu anjloknya nilai saham Boeing dan membayangi pengumuman penerbangan pertama pesawat produksi Boeing lainnya, Boeing 777X.

Simak Juga Video "Jelang Sidang Pemakzulan, Trump Malah Terbang ke Swiss"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2