Bom PD II Seberat 500 Kg Dijinakkan di Jerman, 10 Ribu Orang Dievakuasi

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 13:42 WIB
Situasi saat operasi penjinakan bom era Perang Dunia II berlangsung di Cologne, Jerman (Roberto Pfeil/dpa via AP)
Berlin - Sebuah bom seberat 500 kilogram yang berasal dari era Perang Dunia (PD) II berhasil dijinakkan di kota Cologne, Jerman. Sekitar 10 ribu orang terpaksa dievakuasi dan layanan kereta serta lalu lintas kapal sempat terganggu saat operasi penjinakan bom era perang ini berlangsung.

Seperti dilansir Associated Press dan AFP, Rabu (22/1/2020), bom seberat 500 kilogram itu ditemukan terkubur di sebuah lokasi proyek konstruksi di dekat Sungai Rhine yang ada di pusat kota Cologne, pada Senin (20/1) malam waktu setempat.

Otoritas kota Cologne menyebut bom tersebut berasal dari militer Amerika Serikat (AS) dan dijatuhkan saat gempuran udara di Cologne pada era PD II silam.

Seluruh pegawai di sebuah stasiun televisi setempat dan orang-orang yang ada di dalam gedung Opera Cologne terpaksa dievakuasi saat operasi penjinakan bom dilakukan. Aktivitas kapal-kapal di di Sungai Rhine dan lalu lintas udara di atas wilayah tersebut juga sempat terganggu.


Otoritas setempat menutup sementara sebuah jembatan yang melintasi Sungai Rhine yang juga menjadi jalur kereta tujuan stasiun utama Cologne. Penutupan sementara di Cologne ini berdampak pada penundaan layanan kereta di berbagai wilayah Jerman.

Dalam pernyataan terbaru, otoritas kota Cologne menyatakan bom itu 'tidak lagi memberikan ancaman'.

"Sekitar 10 ribu pegawai dari perusahaan-perusahaan yang terdampak dan 15 warga setempat bisa kembali ke gedung mereka," demikian pernyataan otoritas kota Cologne. Lokasi temuan bom era perang itu merupakan distrik bisnis dan tidak memiliki banyak penduduk.



Simak Juga Video "Monorail Gantung, Solusi Kemacetan dari Jerman"

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2