Serangan 3 Roket Jatuh di Dekat Kedubes AS di Baghdad

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 21 Jan 2020 09:32 WIB
Beberapa waktu lalu, tembok gedung Kedubes AS di Baghdad diserang dan dihujani aksi vandalisme oleh anggota milisi Irak pro-Iran (AP Photo/Nasser Nasser)
Baghdad - Serangan roket kembali terjadi di dekat Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Irak. Sedikitnya ada tiga roket yang jatuh di dekat kompleks Kedubes AS yang ada di kawasan Zona Hijau yang pengamanannya sangat ketat.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (21/1/2020), serangan roket terbaru yang terjadi pada Selasa (21/1) pagi waktu setempat ini memicu sirene yang berbunyi di seluruh kawasan Zona Hijau.

Dituturkan sejumlah sumber keamanan setempat bahwa roket-roket itu jatuh di dalam kawasan Zona Hijau, tepatnya dekat Kedubes AS. Zona Hijau juga menjadi lokasi kantor pemerintahan Irak dan beberapa misi diplomatik asing.


Dua pejabat keamanan Irak lainnya yang enggan disebut namanya menyatakan tiga roket yang jatuh di dalam Zona Hijau itu merupakan jenis Katyusha.

Sejauh ini tidak ada laporan soal korban jiwa akibat serangan roket ini.

Dalang di balik serangan roket ini tidak diketahui pasti. Namun laporan Reuters yang mengutip Kepolisian Baghdad menyebut tiga roket Katyusha itu diluncurkan dari distrik Zafaraniyah yang terletak di luar kota Baghdad.


Serangan roket yang jatuh di dekat Kedubes AS di Baghdad ini pernah terjadi sebelumnya. Pada 8 Januari lalu, dua roket dilaporkan jatuh di dalam Zona Hijau. Pada hari yang sama, dua markas pasukan AS di Irak dihujani serangan rudal Iran yang membalas kematian jenderal top mereka, Qasem Soleimani, yang tewas dalam serangan drone AS. (nvc/knv)