Round-Up

Sisi Lain Hilangnya Gelar Kerajaan Harry-Meghan Markle

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 21:09 WIB
Meghan Markle dan Pangeran Harry. (Foto: Dok. Getty Images)
London - Pangeran Harry dan Meghan Markle tidak lagi menyandang titel His/Her Royal Highness (HRH). Ini merupakan konsekuensi keluarnya Harry dan Meghan dari anggota Kerajaan Inggris.

Dalam pernyataan resminya, Sabtu (18/1), Istana Buckingham memastikan Harry dan Meghan tidak lagi menyandang gelar HRH. Istilah HRH kurang lebih bermakna 'Yang Mulia' atau 'Sri Paduka' dalam Bahasa Indonesia.

Sebelum dicopot, Harry memiliki gelar lengkap 'His Royal Highness The Duke of Sussex, Earl of Dumbarton and Baron Kilkeel' dan Meghan punya gelar 'Her Royal Highness The Duchess of Sussex'. Setelah pencopotan gelar HRH, nama mereka kemudian ditata ulang menjadi Duke of Sussex (Harry) dan Duchess of Sussex (Meghan).


Duke dan Duchess of Sussex masih melekat pada Harry dan Meghan karena itu merupakan hadiah pernikahan dari Ratu Elizabeth II. Duke adalah gelar bangsawan berasal dari istilah Latin 'dux', berarti 'pemimpin'. Tentu saja, gelar Duke dan Duchess of Sussex juga bisa dimanfaatkan mereka untuk kepentingan komersial mengingat mereka menyatakan ingin hidup mandiri secara finansial.
Selanjutnya
Halaman
1 2