Iran Akan Kirim Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh Dirudal ke Ukraina

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 19 Jan 2020 10:50 WIB
Foto puing pesawat Ukraina yang jatuh kena rudal Iran. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)
Tehran - Iran akan mengirim kotak hitam pesawat Ukraina ke negara asal maskapai tersebut. Kotak hitam pesawat yang jatuh akibat serangan rudal Iran itu akan dianalisis lebih lanjut oleh Ukraina.

Dilansir Associated Press, Minggu (19/1/2020), pernyataan itu disampaikan oleh kepala investigasi kecelakaan untuk departemen penerbangan sipil Iran, Hassan Rezaeifer, Sabtu (18/1).



Bila nantinya Ukraina tak mampu menganalisis kotak hitam itu, maka kotak hitam itu bakal segera dikirim ke Prancis. Demikian disampaikan Hassan lewat kantor berita semi-resmi Tasnim.

Jenis pesawat itu adalah Boeing 737-800, didesain dan dibangun di Amerika Serikat (AS). Pesawat itu didesain oleh CFM International, perusahaan bersama antara grup Prancis Safran dan GE Aviationd dari AS. Penyelidik dari Prancis dan AS telah diundang untuk turut menyelidiki peristiwa jatuhnya pesawat Ukraina itu.



Pesawat maskapai Ukraine International Airlines tujuan Kiev itu jatuh sesaat usai lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran pada 8 Januari lalu. Belakangan diketahui, pesawat itu kena rudal Iran yang diluncurkan dengan tidak sengaja oleh militer Iran.
Selanjutnya
Halaman
1 2