Ukraina Sebut Iran Siap Serahkan Kotak Hitam Pesawat yang Ditembak Jatuh

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 13:03 WIB
Puing pesawat maskapai Ukraina yang ditembak jatuh rudal Iran (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Kantor Jaksa Agung Ukraina dalam pernyataan pada pekan ini menyatakan telah mengirimkan permintaan agar Iran menyerahkan kotak hitam pesawat maskapai Ukraina itu. Jaksa Ukraina menegaskan akan 'menjaga bukti dalam penyelidikan kecelakaan ini'.

Dalam pernyataan sebelumnya kepada CNN, Prystaiko menyebut Ukraina menjalin 'kerja sama yang baik' dengan Iran terkait penyelidikan insiden ini. Namun, sebut Prystaiko, pihak Ukraina kesulitan 'mengakses informasi yang disimpan di dalam kotak hitam'.

"Kami hanya ingin tahu bahwa tidak ada yang akan merusak rekaman penerbangan itu," tegasnya.


Disebutkan juga oleh Prystaiko bahwa seorang pejabat Iran akan berkunjung ke Kiev pekan depan 'untuk menyampaikan permintaan maaf secara resmi dan memberikan penjelasan' soal insiden tersebut.

Pada Kamis (16/1) waktu setempat, para Menteri Luar Negeri (Menlu) dari Kanada, Ukraina, Swedia, Afghanistan dan Inggris merilis pertanyaan gabungan berisi lima poin rencana untuk bekerja sama dengan Iran dalam penyelidikan. Kelima negara itu menyerukan 'akses penuh dan tanpa hambatan' bagi para penyidik dan pejabat asing dalam penyelidikan di Iran.
Halaman

(nvc/idn)