Kanada Beri Rp 334 Juta untuk Keluarga Korban Tragedi Pesawat Ukraina

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 18 Jan 2020 12:09 WIB
PM Kanada Justin Trudeau (Justin Tang/The Canadian Press via AP)
Ottawa - Keluarga korban tragedi pesawat maskapai Ukraina yang berasal dari Kanada masing-masing akan menerima US$ 25 ribu (Rp 334 juta). Dana ini merupakan bantuan yang disediakan oleh pemerintah Kanada dengan tujuan memenuhi kebutuhan mendesak.

Seperti dilansir CNN, Sabtu (18/1/2020), dana bantuan dari pemerintah Kanada ini diumumkan oleh Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau dalam konferensi pers terbaru di Ottawa pada Jumat (17/1) waktu setempat. Trudeau menegaskan dana bantuan ini akan diserahkan 'dalam beberapa hari ke depan'.


Dana bantuan ini bisa digunakan keluarga korban untuk biaya pemakaman atau perjalanan. Dana ini berbeda dengan kompensasi yang tengah diajukan otoritas Kanada kepada pemerintah Iran.

"Saya ingin memperjelas: Kita mengharapkan Iran untuk membayarkan kompensasi kepada keluarga korban," ucap Trudeau kepada wartawan setempat.

"Tapi saya telah menemui mereka (keluarga korban-red). Mereka tidak bisa menunggu berminggu-minggu. Mereka butuh dukungan sekarang," imbuhnya.

Pengumuman Trudeau ini disampaikan setelah pekan lalu Iran mengakui militernya secara tidak sengaja menembak jatuh pesawat maskapai Ukraine International Airlines yang baru lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran pada 8 Januari lalu.
Selanjutnya
Halaman
1 2