Lima Negara Minta Iran Bayar Kompensasi Atas Salah Tembak Pesawat Ukraina

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 11:37 WIB
Foto: AP Photo/Efrem Lukatsky
London - Lima negara yang warganya tewas dalam peristiwa jatuhnya pesawat maskapai Ukraina akibat salah tembak, menyatakan bahwa pemerintah Iran harus membayar kompensasi kepada keluarga para korban. Mereka juga mengingatkan bahwa dunia menyaksikan respons Iran atas peristiwa tragis tersebut.

Kanada, Ukraina, Swedia, Afghanistan dan Inggris menyatakan bahwa Iran harus melakukan "penyelidikan internasional yang menyeluruh, independen dan transparan yang terbuka untuk negara-negara yang sedang berduka," demikian statemen kelima negara tersebut yang dikeluarkan usai pertemuan para pejabat di London, Inggris seperti dilansir AFP, Jumat (17/1/2020).




Pesawat penumpang milik maskapai Ukraine International Airlines ditembak rudal Iran pada 8 Januari lalu setelah lepas landas dari Teheran untuk menuju Kiev, Ukraina. Militer Iran pada Sabtu (11/1) pagi waktu setempat mengaku telah menembakkan rudal secara tak sengaja ke pesawat tersebut karena mengiranya sebagai target musuh. Keseluruhan 176 penumpang dan kru pesawat tewas, termasuk 57 warga Kanada.

Simak Video "Iran Tangkap Sejumlah Orang Terkait Penembakan Pesawat Ukraina"


Selanjutnya
Halaman
1 2