Sebut Sidang Pemakzulannya Hoax, Trump: Itu Akan Berlangsung Sangat Cepat

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 09:51 WIB
Donald Trump (AP Photo/Susan Walsh)
Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan bahwa sidang pemakzulan dirinya yang akan digelar di Senat akan berlangsung sangat cepat. Sekali lagi, Trump menyangkal dakwaan penyalahgunaan kekuasaan yang dijeratkan terhadapnya, yang disebutnya sebagai 'hoax'.

"Saya pikir itu (sidang pemakzulan-red) harus berlangsung sangat cepat," ucap Trump kepada wartawan di Ruang Oval Gedung Putih, seperti dilansir AFP, Jumat (17/1/2020).

"Itu sungguh-sungguh partisan," imbuhnya. "Itu adalah hoax. Itu adalah hoax dan semua orang tahu itu hoax total," cetus Trump.

Komentar ini disampaikan saat para Senator AS sedang diambil sumpahnya sebagai juri pengadilan dalam sidang pemakzulan Trump yang bersejarah. Sidang pemakzulan secara resmi baru akan dimulai pada Selasa (21/1) mendatang, namun prosesnya sudah dimulai sejak Kamis (16/1) waktu setempat.


Proses pemakzulan Trump mengalami kemajuan setelah Ketua House of Representatives (HOR) atau DPR AS, Nancy Pelosi, menyerahkan pasal pemakzulan kepada Senat AS pada Rabu (15/1) pekan ini. Ketua mayoritas Senat AS, Mitch McConnell, kemudian menyatakan sidang pemakzulan akan dimulai Selasa (21/1) mendatang.

Dua pasal pemakzulan yang dijeratkan kepada Trump terdiri atas pasal penyalahgunaan kekuasaan dan pasal menghalangi Kongres AS.

Trump didakwa menyalahgunakan kekuasaan dengan secara diam-diam menahan bantuan militer untuk Ukraina demi menekan pemerintah Ukraina menyelidiki mantan Wakil Presiden AS Joe Biden yang berpotensi menjadi penantang Trump dalam pilpres 2020.
Selanjutnya
Halaman
1 2